• 25 April 2024

Ungkap Ikan Datz Gosong di Akuarium

uploads/news/2021/11/ungkap-ikan-datz-gosong-966347ab9cc513b.jpg

“Biasanya jenis ikan lain kalau stres, dia akan berubah warna menjadi gosong. Tapi kalau ikan jenis datz enggak, dia kalau stres malah tubuhnya jadi mengeluarkan warna yang bagus menjadi belang-belang seperti warna kulit harimau”

Sahabat Tani pernah melihat ikan berwarna hitam pekat seperti gosong? Ternyata ada jenis ikan yang bisa berubah warna menjadi terlihat seperti gosong nih, Sahabat Tani. Ikan jenis tersebut bernama datz.

Datz atau disebut datnoid, merupakan jenis ikan hias yang sangat unik. Ikan jenis predator ini berasal dari benua asia dan dapat tumbuh maksimal hingga 18 inch di alam liar. Kemampuan bertahan hidupnya pun cukup lama, karena ikan ini mampu hidup hingga 15 tahun. Ikan elegan dan cantik ini bisa menjadi ikan hias untuk akuarium apa pun. Secara fisik, tubuhnya dibaluti warna yang unik meyerupai pola kulit harimau, dan piawai menguntit mangsanya dengan cara yang sama seperti harimau. Makanya, ikan ini juga memiliki panggilan lain yaitu “Harimau Akuarium”.

Menurut Kunnadi Harianto, salah satu pencinta dan peternak ikan hias, ikan datz menjadi salah satu ikan koleksi miliknya yang memiliki karakteristik sangat unik. “Biasanya jenis ikan lain kalau stres, dia akan berubah warna menjadi gosong. Tapi kalau ikan jenis datz enggak, dia kalau stres malah tubuhnya jadi mengeluarkan warna yang bagus menjadi belang-belang seperti warna kulit harimau,” tutur pria yang akrab dipanggil Kun itu.

Baca juga: Ikan Black Ghost Ternyata Mengeluarkan Listrik

Lebih lanjut, Kun menjelaskan ikan datz juga bisa berubah menjadi warna gosong dengan alasan sebaliknya, “kalau datz justru sebaliknya. Dia akan berubah warna menjadi gosong kalau tempat tinggalnya terlalu nyaman bagi dia. Makanya harus kita ganggu atau buat dia jadi tidak nyaman. Dengan begitu, tubuhnya akan mengeluarkan warna yang bagus,” ungkapnya kepada Jagad Tani saat ditemui di Raden Farm, jalan raya Serpong No.km 88, Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Karena ikan datz memiliki rentang hidup yang panjang, mereka biasanya tumbuh lambat dalam beberapa tahun pertama kehidupan mereka, Mereka akhirnya akan tumbuh hingga 35 sentimeter atau lebih, tetapi ini membutuhkan waktu lama, biasanya sampai beberapa tahun, dan hanya terjadi di bawah kondisi hidup yang layak.

Baca juga: Axolotl, Monster Laut dari Meksiko

Kata Kun, jenis ikan datz pun ada berbagai macam, namun yang ia miliki hanya ada dua jenis dan merupakan ikan asal Indonesia, “ada jenis datz sumatera, ada juga yang jenis datz borneo,” tambahnya.

Di alam liar, ikan datz lebih suka makan makanan hidup seperti cacing dan serangga. Selain itu, mereka akan memangsa ikan kecil, krustasea, dan hewan kecil lainnya. Selain itu, mereka juga bisa memakan hewan-hewan seperti udang, kepiting, dan siput. Kadang-kadang, datz akan mengejar ikan besar lainnya, tetapi ini jarang terjadi karena mereka biasanya hanya akan mencoba makan ikan dengan ukuran yang sama atau paling sering ikan yang lebih kecil daripada mereka.

Baca juga: Faktor Penyebab Lobster Mudah Mati

Related News