• 6 May 2024

Mitos Bebek Berjambul Pembawa Rezeki

“Saya berbincang-bincang dengan peternak-peternak yang lain, kemudian banyak yang bilang jangan sampai terjual pak, itu bisa mendatangkan rezeki"

Pernahkah Sahabat Tani melihat bebek berjambul?

Biasanya, bebek dikenal sebagai unggas berkaki dua yang memiliki rambut atau bulu halus di kepalanya. Uniknya, ternyata ada juga bebek yang memiliki jambul. Beberapa peternak mengatakan bahwa bebek berjambul dapat membawa rezeki dan hoki. Hal ini juga dikatakan oleh Muhammad Syaugi, salah satu peternak bebek di daerah Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

“Seru juga ngeliat bebek berjambul, terlihat unik. Jadi kami juga pisahkan agar tidak terbawa angkut dan pengiriman. Saya berbincang-bincang dengan peternak-peternak yang lain, kemudian banyak yang bilang jangan sampai terjual pak, itu bisa mendatangkan rezeki, dan punya mereka ada yang tiga sampai empat ekor,” ujar pria yang akrab dipanggil Syaugi itu.

Baca juga: Rahasia Penjualan Bebek Laris Manis

Namun sebenarnya, jambul lucu yang terdapat pada kepala bebek merupakan salah satu tanda cacat genetik atau memiliki beberapa implikasi kesehatan yang serius. Hanya saja, Indonesia masih kental dengan mitos hewan-hewan pembawa keberuntungan, dan salah satunya adalah mengenai bebek berjambul ini.

“Sama seperti mitos burung perkutut, semakin dia banyak bersuara ditambah ada jambulnya, berarti akan ada sesuatu yang datang,” kata bapak dua anak itu.

Baca juga: Tips Kandang Bebek Bebas Bau

Bebek berjambul disebut sebagai ‘Crested Duck’, secara fisik Sahabat Tani akan melihat jambul lucu di kepalanya yang akan mengingatkan kita pada karakter Mr. Ping di film Kungfu Panda. Jambul tersebut muncul karena adanya perubahan jaringan lemak yang membuat perubahan bentuk pada tengkorak bebek.

Baca juga: Kenali Penyakit pada Bebek

Selain dipercaya oleh masyarakat sebagai pembawa rezeki, kebenaran mengenai benar atau tidaknya membawa keberuntungan masih di ambang-ambang.

“Kalau fakta benar atau tidaknya membawa rezeki itu, saya belum tau ya. Karena saya kan juga baru sadar kalau pelihara bebek berjambul, dan itu sih balik lagi kepada kepercayaan masing-masing. Intinya, kalau tidak dibarengi dengan kerja keras dan manajemen penjualan yang baik, ya rezeki tidak akan datang,” tutupnya.

Baca juga: Perbedaan Daging Bebek VS Entok

Baca juga: Untung Bisnis Ternak Bebek Petelur

Related News