• 5 May 2024

Fakta Unik Bebek yang Jarang Diketahui

uploads/news/2021/10/fakta-unik-bebek-yang-96082b2b1313f84.jpg

“Bebek ini tingkahnya lucu. Kalau di kagetkan itu, dia akan lari. Mereka akan lari-larian secara acak. Tapi khas di setiap binatang itu, yang lemah dia pasti akan tertindas dan yang kuat, dia pasti akan berkuasa”

Sahabat Tani pasti sudah tidak asing lagi dengan bebek. Bebek merupakan salah satu jenis unggas yang dagingnya banyak sekali digemari oleh masyarakat Indonesia. Daging bebek memiliki cita rasa yang gurih serta terkturnya lembut bila disantap. Selain itu, daging bebek mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Namun Sahabat Tani, unggas dengan suara yang unik ini ternyata memiliki beberapa fakta menarik yang jarang diketahui oleh banyak orang, salah satunya keunikan dari tingkah laku bebek.

Baca juga: Inilah Mengapa Sarang Burung Walet Mahal

Muhammad Syaugi, salah satu peternak bebek di daerah Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, mengungkap secara eksklusif kepada Jagad Tani mengenai beberapa fakta unik dari bebek yang jarang diketahui banyak orang.

“Bebek ini tingkahnya lucu. Kalau di kagetkan itu, dia akan lari. Mereka akan lari-larian secara acak. Tapi khas di setiap binatang itu, yang lemah dia pasti akan tertindas dan yang kuat, dia pasti akan berkuasa. Jadi walaupun bebek ini tidak akan saling menyerang karena makanannya selalu ada, namun ketika mereka kaget, kemudian berlari, mereka bisa saja saling tindih-tindihan. Bebek akan tega melakukan itu,” ungkapnya.

Baca juga: Ini Loh, Jenis-Jenis Bebek Hibrida

Pria yang akrab dipanggil Syaugi ini juga menjelaskan, meskipun bebek bukan salah satu hewan yang bersifat kanibalisme, namun ketika seekor bebek merasa kekurangan makanan, ia dengan segan akan memakan bulu sesama jenisnya.

“Nah selain itu, kalau makanannya sangat kurang, bebek ini mematok atau memakan bulu lawannya atau bahkan temannya sendiri, terutama yang lemah. Bulu bebek ini dimakan untuk menghasilkan kalsium, dia membutuhkan kalsium yang sangat tinggi,” jelas alumnus Universitas Parahyangan itu.

Baca juga: Tips Kandang Bebek Bebas Bau

Meski beberapa tingkahnya tersebut cukup menyeramkan, namun unggas berkaki dua ini memiliki fakta unik lainnya yang terlihat sangat lucu bila Sahabat Tani perhatikan.

“Tapi ya paling lucu itu kalau dia dikagetin mereka pasti langsung minggir semua. Cenderung kalau siang mereka lebih banyak duduk, kalau malam mereka lebih banyak bergerak. Jadi untuk tetap menjaga supaya bebek ini mendapatkan berat yang cukup, jangan sampai mereka terlampau banyak gerak. Tapi, jangan sampai terlampau sempit juga,” tutupnya.

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Bebek Sehat dan Sakit

Baca juga: Crocodile Skink, Kadal Berduri Menyerupai Naga

Related News