• 6 December 2021

4 Fakta Unik Ayam Cemani

uploads/news/2021/10/4-fakta-unik-ayam-74001603eba30fe.jpg
SHARE SOSMED

Ayam dengan spesies yang masih sedikit ini dikatakan sebagai hewan langka. Sebab, ayam cemani hanya dapat menghasilkan 55-80 butir telur per tahunnya.

Ayam cemani dikenal sebagai salah satu ayam unik dengan seluruh tubuhnya berwarna hitam. Ayam satu ini merupakan ayam jenis ras unggul asli dari Indonesia biasa disebut ayam kedu atau selasih.

Menjadi salah satu ayam termahal, ia memiliki banyak penggemar di belahan dunia. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut informasi fakta ayam cemani versi Jagadtani.id.

Seluruh Tubuhnya Berwarna Hitam

Ayam cemani ini keseluruhan tubuhnya berwana hitam. Baik dari luar tubuh hingga ke bagian dalamnya. Kondisi ini disebut fibromelanosis yang disebabkan karena mutasi gen dominan pada tubuhnya yang menyebabkan hiperpigmentasi. Dumadi, salah satu peternak ayam cemani pemilik Idum Farm Tangerang ini menjelaskan keunggulan dari ayam cemani karena memiliki warna hitam di seluruh bagian tubuhnya.

“Keunggulannya semua fisiknya berwana hitam berbeda dengan ayam lainnya dari bentuk tubuh, mata hingga tulang-tulangnya berwarna hitam,” ucap Dumadi saat ditemui di peternakannya yang berlokasi di Desa Gelam Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Baca juga : Tips Memulai Bisnis Ayam KUB

Sebagai Hewan Ritual

Beberapa masyarakat Indonesia percaya bahwa ayam ini memiliki kekuatan ghaib sehingga seringkali dijadikan kegiatan ritual. Menurut kepercayaan, ada tiga tingkatan kekuatan ghaib pada ayam ini pertama, cemani widitra untuk menghilangkan roh halus, cemani warastratama untuk pelengkap upacara adat dan cemani kaikayi untuk obat ilmu santet.

Ayam langka

Ayam dengan spesies yang masih sedikit ini dikatakan sebagai hewan langka. Sebab, ayam cemani hanya dapat menghasilkan 55-80 butir telur per tahunnya. Berbeda dengan jenis ayam kampung lain yang mampu menghasilkan ratusan butir telur per tahun. Jumlah spesiesnya yang masih sedikit, sebab masyarakat Indonesia beranggapan bahwa memelihara ayam cemani ini bertentangan dengan agama karena sering digunakan untuk ritual.

Baca juga : Mengenal Budidaya Ayam Joper

Jadi Santapan Kuliner

Tahukah Sahabat Tani, ternyata ayam unik ini tidak hanya berada di Indonesia. Tetapi ada juga di berbagai negara. Di India ayam ini dikenal dengan sebutan ayam kadanath atau ayam kalimasi. Disana ayam berwana hitam ini dikonsumsi sebab memiliki kandungan kaya protein dan rendah lemak. Selain itu, di Amerika Serikat ayam ini dikembangkan oleh Greenfire Farm dijual dengan kisaran harga Rp. 2,7-5 juta dan untuk dikonsumsi.

Baca juga : Tips Sukses Ternak Ayam Petelur

Related News