• 20 April 2024

Panen Jagung Mantan Anggota OPM

uploads/news/2019/11/panen-jagung-mantan-anggota-97115bed254d99b.jpeg

Setelah menyatakan diri kembali ke pangkuan ibu pertiwi, Telangga Gire menjalankan hidup bersama keluarganya di Distrik Tingginambut dengan profesi sebagai petani.

PUNCAK JAYA - Telangga Gire, mantan ajudan Goliath Tabuni, panen jagung perdana bersama Dandim 1714/Puncak Jaya (PJ) Letnan Kolonel Infanteri Agus Sunaryo di atas lahan seluas dua hektare di Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua, Sabtu (24/11) pagi kemarin. Goliath Tabuni merupakan salah satu tokoh Tentara Pembebasan Nasional (TPN)/ Organisasi Papua Merdeka (OPM) di pegunungan tengah Papua yang kerap melancarkan aksi penembakan atau kriminal kepada warga dan aparat TNI/Polri.

Sementara, Telangga pada awal Juni tahun ini menyerahkan diri dan kembali ke pangkuan ibu pertiwi setelah sadar jika selama ini melakukan perbuatan melanggar hukum. Dalam keterangan tertulis, setelah menyatakan diri kembali ke pangkuan ibu pertiwi, Telangga menjalankan hidup normal bersama keluarganya di Distrik Tingginambut dengan profesi sebagai petani.

“Untuk panen perdana ini, saya juga mengundang Bapak Dandim 1714/JP untuk hadir dan melihat langsung panen jagung perdana di lahan saya, di mana saya bersama keluarga sudah dapat melanjutkan kehidupan seperti masyarakat lainnya,” ujar Telangga.

Sebagai mantan anggota TPN/OPM yang sudah kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Telangga menyampaikan rasa terima kasih kepada Dandim 1714/PJ yang telah banyak membantunya, diantaranya memberikan bibit jagung, kacang tanah, juga melalui pendampingan Babinsa dan personel dari Kodim 1714/PJ dalam penyuluhan pertanian atau lainnya.

“Sekali lagi terima kasih, saya sampaikan kepada Bapak Dandim 1714/PJ bersama rombongan yang sudah berkenan hadir dalam acara panen perdana ini,” tutur Telangga.

Sementara itu, Dandim 1714/PJ, Letkol Infantri Agus Sunaryo sangat mengapresiasi kerja keras Telangga dalam berkebun, setelah menyatakan kembali ke NKRI dan dapat melanjutkan kehidupan yang lebih baik lagi.

“Hal ini dibuktikan dengan bertani bersama keluarganya, hari ini kita semua berkumpul di sini untuk bersama-sama melaksanakan panen perdana di kebun saudara Telangga Gire,” kata Agus.

Pada kesempatan ini, Agus bersama personelnya juga memberikan bantuan sembako kepada keluarga besar Telangga.

“Memang tidak banyak apa yang kami berikan. Tetapi, kami berharap semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi keluarga saudara Telangga Gire,” cetus Agus.

Dalam kegiatan panen jagung tersebut, nampak hadir Sekretaris Distrik Tingginambut, Olies Kogoya; Pasiter Kodim 1714/PJ, Kapten Infanteri Indra Siswanto; dan Danposramil Tingginambut, Sertu Mohammad.

Related News