• 20 April 2024

Perbedaan Ternak Domba dengan Kambing

Secara pakan dan lokasi tempat pemeliharaan pun domba sangat lebih mudah beradaptasi dibandingkan dengan kambing”

Usaha penggemukan domba dan kambing merupakan salah satu usaha tersendiri di Indonesia. Umumnya peternakan ini dilakukan secara sederhana. Keunggulan dari usaha ini adalah domba dan kambing memiliki daya tahan dan daya adaptasi yang tinggi terhadap perubahan lingkungan serta waktu produksinya yang cukup singkat.

Dari segi ekonomi, ternak ini tidak memerlukan lahan yang cukup luas, memiliki produk sampingan yang memiliki daya jual yang tinggi seperti wool, kulit, tanduk, tulang, dan kotoran ternak yang dapat digunakan untuk beberapa industri. Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidak terlalu besar jika dibandingkan usaha ternak yang lainnya.

Baca juga: Tips Mengatasi Bau Kandang Domba

Rizky Bayu Pradana, Peternak domba yang memiliki farm di Kampung Cikupa, Desa Sukaresmi, Kecamatan Suka Makmur, Bogor, Jawa Barat menjelaskan apa saja perbedaan ternak domba dengan kambing.

"Pada dasarnya domba dan kambing adalah jenis hewan ruminansia yang sama. Namun jika di lihat dari sisi bisnisnya, maka kembali kepada kebutuhan dan keinginan pasarnya. Pasar mana yang mau kita bidik atau sasar. Wilayah Jawa Barat, khususnya Jabodetabek lebih banyak menggunakan domba untuk pasar pedagingnya. Karena harga domba yang sangat lebih terjangkau daripada kambing,” pungkasnya.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Bayu itu juga menjelaskan perbedaan pada ternak domba dengan kambing sangatlah signifikan. Dari segi pakan misalnya, Bayu mengatakan domba lebih mudah menerima pakan jenis apapun ketimbang kambing.

“Secara pakan dan lokasi tempat pemeliharaan pun domba sangat lebih mudah beradaptasi dibandingkan dengan kambing. Sehingga bagi peternak-peternak pemula terkadang banyak menemukan kendala jika memulai usahanya dengan memelihara kambing daripada domba. Harus sangat ekstra perhatian jika memelihara kambing daripada memelihara domba,” ujar pria lulusan Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Baca juga: Keunggulan Kandang Domba Bahan Kayu

Kambing dan domba yang dipelihara dalam kandang tidak akan banyak menampakkan perilaku asli dalam mencari makanannya. Namun, jika dilihat di alam liar, ternyata cara kambing dan domba untuk menemukan makanan berbeda loh, Sahabat Tani.

Kambing cenderung mencari dedaunan yang ada di pohon, sehingga mereka akan lebih banyak memanjat. Hal ini tidak ditemukan pada domba karena secara alami, domba lebih memilih untuk memakan rumput. Oleh karena itulah, kambing disebut dengan browser dan domba disebut dengan grazer.

Untuk soal modal Bayu menjelaskan bahwa modal yang dibutuhkan untuk ternak domba lebih sedikit ketimbang kambing. 

“Dari sisi modal pun berbeda jika mau dibandingkan karena harga kambing konsumsi lebih sedikit tinggi dibandingkan domba, maka modal yang dibutuhkan untuk memelihara kambing relatif lebih tinggi daripada memelihara domba,” tutupnya.

Baca juga: Obat Alami Jika Kambing Sakit

Related News