• 20 April 2024

Merawat Channa Auranti Untuk Pemula

uploads/news/2021/10/merawat-channa-auranti-untuk-722040817437538.jpg

Channa Auranti adalah salah satu jenis ikan gabus dari India yang sangat di gemari oleh para penghobi ikan predator saat ini. Ikan channa juga termasuk sulit di budidayakan di Indonesia, oleh karena itu ikan channa auranti dibandrol cukup mahal sekitar 1 juta sampai 1,5 juta.

Ternyata ikan gabus yang kita kenal selama ini ada yang memiliki corak yang bagus dan menarik. Salah satunya adalah Channa Auranti atau dikenal dengan nama Orange-Spotted Snakehead. Channa Auranti merupakan ikan gabus yang lumayan populer di kalangan pecinta ikan predator.

Sebelum mengenal lebih dalam seluk beluk dari Channa Auranti, perlu diketahui bahwa ikan yang memiliki nama Orange-Spotted Snakehead ini berbeda dengan Channa Barca yang terkenal mahal itu.

Channa Auranti adalah salah satu jenis ikan gabus dari India yang sangat di gemari oleh para penghobi ikan predator saat ini. Ikan channa juga termasuk sulit di budidayakan di Indonesia, oleh karena itu ikan channa auranti dibandrol cukup mahal sekitar 1 juta sampai 1,5 juta.

Baca juga: Merawat Channa Auranti dari Alam

Ray Adinegara, Penghobi Ikan-ikan hias predator di tinggal di Pondok Kacang, Pondok Aren, Tangerang selatan ini memberikan tips khusus kepada Sahabat Tani bagaimana merawat ikan Channa Auranti dengan baik untuk pemula.

“Pergantian air yang rutin, memberikan makanan dengan protein yang cukup, memperhatikan kesehatan ikan. Untuk pakan, kasih pakan dengan protein tinggi. seperti udang, ikan cere, pelet el-barca,” Jelas Ray melalui pesan singkat.

Ray juga mengatakan Ikan gabus berwarna orange ini memiliki sifat yang agresif dan teritorial dalam mempertahankan wilayahnya. Ikan temperamen ini bisa Sahabat Tani temui di hutan hujan tropis atau tempat yang terjadi hujan deras. Ikan channa auranti mampu tumbuh mencapai 40 cm.

“Ikan channa ini memang terkenalnya galak dan agresif tapi justru disitu uniknya yang membuat orang-orang ingin memelihara, karena kan seru bisa ngasih makan pakai tangan kita langsung,” ujar pria yang juga hobi balap itu.

Baca juga: Mengenal Gabus Termahal di Dunia

Di habitat aslinya, Channa Aurantimaculata sangat suka hidup di daerah perairan dengan vegetasi alias tanaman air yang melimpah. Untuk itulah penting membuat ikan ini nyaman dengan memberinya dekorasi berupa tanaman air. Tanaman airnya pun bebas Sahabat Tani pilih, mau yang asli atau bisa juga yang plastik.

“Untuk pergantian air, relatif ya tergantung ukuran dan kualitas air masing-masing. Biasanya 1-2 minggu sekali. Tapi kalau ikan lagi kurang sehat lakukan pergantian air yang rutin tiap hari, lalu memberikan obat anti jamur, dan jangan lupa memperhatikan suhu air,” Kata Ray.

Ray manyampaikan untuk dekorasi akuarium itu sesuai selera sang pemiliki ikan. Tidak hanya tanaman air saja ya, agar lebih cantik lengkapi dekorasi lainnya. Seperti pasir, batu-batuan, sampai kayu. Pokoknya semakin mirip dekorasi akuarium seperti habitat aslinya, maka semakin nyaman pula si ikan Channa Aurantimaculata tersebut.

Related News