• 27 April 2024

Melihat Pohon Pelangi yang Memukau

Tak seperti pohon pada umumnya yang berwarna cokelat, saat melihat pohon ini sahabat tani akan terkesima dengan tampilan warna pada batang pohon ini.

Pohon pelangi memiliki warna unik yang terkombinasi dengan warna hijau, kuning, merah muda, cokelat dan berbagai warna lainnya, sehingga pohon ini disebut sebagai pohon pelangi.

Jika sahabat tani lihat secara sekilas, pohon ini memang seperti dicat warna-warni atau bahkan terlihat seperti gambar yang sudah di edit. Namun, ternyata pohon ini memang mengalami perubahan warna secara alami.

“Warna belang-belang ini timbul karena saat pengelupasan kulit warnanya tidak muncul berbarengan. Sehingga yang sudah lama warnanya akan lebih gelap, kemudian yang baru mengelupas akan lebih terang. Dan jadilah warnanya bermacam-macam seperti ini,” ujar Prof. Hendra Gunawan selaku peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) hutan Bogor, saat ditemui Jagadtani.Id.

Baca juga: Mengintip Koleksi Pohon Langka Indonesia

Saat lapisan kulit terluar pohon pelangi mengelupas, lapisan lainnya masih memiliki warna yang sama. Dengan demikian, pada setiap pergantian lapisan selalu muncul warna yang berbeda dari sebelumnya. Inilah yang membuat batang pohon pelangi memiliki warna yang bermacam-macam.

Secara umum, pohon pelangi tumbuh di hutan hujan dataran rendah dan hutan pegunungan rendah pada ketinggian hingga 1.200 mdpl dengan suhu 13-25 derajat Celsius.

Pohon pelangi juga tergolong cepat tumbuh. Rata-rata pertumbuhannya dapat mencapai 2-3 meter tiap tahunnya dengan batang yang menjulang nyaris tegak. Berbeda dengan pohon lain, permukaan kulit kayu pohon ini cukup licin. Ketika meremas daun, akan tercium bau harum khas kayu putih.

Lebih lanjut, Hendra menjelaskan, pohon dengan nama ilmiah Eucalyptus deglupta ini tumbuh di Kawasan Hutan dan saat ini juga dilestarikan di Puslitbang Bogor agar tetap terjaga keunikan dari salah satu pohon khas Indonesia ini.

“Pohon pelangi ini, banyak tumbuh di Indonesia Timur. Misalnya di daerah Sulawesi, Maluku dan Papua. Pohon ini sempat viral juga beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Baca juga: Hutan Indonesia Menuju Harapan Dunia

Ukuran yang besar dan tinggi menjulang membuat sahabat tani semakin takjub dengan pesonanya. Maka dari itu, pohon ini disebut menjadi salah satu pohon terindah dunia. Saking gagahnya pohon pelangi, pohon ini juga disebut sebagai pohon tentara inggris. Pohon Pelangi yang juga disebut sebagai pohon raksasa ini memiliki tinggi rata-rata sampai 70 meter, sedangkan diameternya 2,5 meter.

“Jadi kalau di daerah Sulawesi, masyarakat sana banyak yang bilang kalau pohon ini sebutannya pohon inggris. Karena loreng-lorengnya yang ada di pohon ini seperti tentara inggris. Maka dari itu mereka menyebutnya pohon inggris. Kalau disana, lebar pohonnnya itu bisa mencapai diameter 2 meter,” tutupnya.

Baca juga: 5 Tempat Agrowisata Wajib Dikunjungi

Related News