• 29 March 2024

Kameleon Eksotis Seharga Ratusan Juta

uploads/news/2021/09/kameleon-eksotis-seharga-ratusan-8123143d02d7f4f.jpg

"Kameleon ini umurnya sudah dua tahun dia memang dijual seharga Rp.200 juta. Dia dapat tumbuh panjang sampai 20 cm. Ia memiliki motif loreng. Itulah mengapa kameleon ini dijuluki Panther Chameleon, karena memiliki tampilan layaknya macan kumbang"

Kameleon (Chamaeleonidae) atau chameleonidae adalah familia kadal yang terkenal mampu mengubah-ubah warna atau pola warna pada kulit tubuhnya. Kadang kala kameleon disebut juga sebagai bunglon dari suku agamidae (genus calotes) karena kemampuannya yang sama-sama bisa berubah warna. Reptil ini lebih menyukai untuk hidup menyendiri.

Pada umumnya Ia akan mudah ditemui pada semak-semak dan juga pada pohon-pohon peneduh yang berada di kebun atau pekarangan. Beberapa jenis mereka juga dapat hidup di gurun pasir.

Namun pernahkah sahabat tani mendengar kameleon seharga Rp.200 juta? Kameleon tersebut berjenis Panther kameleon. Sahabat tani bisa jumpai panther kameleon ini di Java Aquatic yang terletak Jl. Ciledug Raya Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.

Baca juga: Bearded Dragon, Idaman Pencinta Reptil

“Kameleon ini umurnya sudah dua tahun dia memang dijual seharga Rp.200 juta. Dia dapat tumbuh panjang sampai 20 cm. Ia memiliki motif loreng. Itulah mengapa kameleon ini dijuluki Panther Chameleon, karena memiliki tampilan layaknya macan kumbang,” Ujar Aji, pengelola Java Aquatic saat ditemui Jagadtani.id baru-baru ini

Jenis kameleon satu ini memang memiliki tampilan yang sangat cantik. Memiliki warna tubuh yang dominasi warna biru muda dengan motif kuning dengan variasi warna hijau, merah dan jingga pada area permukaan tubuh membuat hewan ini begitu indah dan menarik untuk dimiliki. “Panther chameleon dapat hidup hingga usia 5-7 tahun dan dapat ditemui di seluruh Pulau Madagaskar,” Tambah Aji.

Untuk pakan, kameleon bisa diberi jangkrik, ulat jerman, dan ulat hongkong. Sahabat tani dapat memberikannya jangkrik “gut loaded” yang mana jangkrik yang merupakan hasil budidaya dengan pakan bergizi. Bunglon yang mengkonsumsi pakan tersebut akan mendapatkan gizi yang terpenuhi serta tambahan kalsium. Selain itu, pemberian pakan juga dapat dilakukan dengan memberikan hewan kecil lainnya suplemen tambahan.

Baca juga: Raup Jutaan dari Ternak Biawak

“Hewan-hewan yang dijual disini itu sebenarnya peliharaan yang cocok untuk di rumah karena sudah jinak semua termasuk kameleon ini, dia tidak galak, dia hanya merasa terganggu ya kalau disakiti,” Kata Aji.

Seperti yang telah dikatakan Aji sebelumnya jika hewan reptil satu ini akan merasa terganggu oleh musuh dan akan “membutakan” musuh dengan mengubah warna kulitnya dan berkamuflase (menyatu dengan warna dilingkungan sekitar).

Alih-alih kabur menghindari musuh, mereka justru tetap berdiam diri disekitar, hanya saja ia merubah warna kulitnya agar tidak ketahui. Selain itu mereka juga memiliki kecepatan yang tinggi saat menghadapi keadaan berbahaya bagi dirinya.

Reptil satu ini dikenal memiliki kemampuan yang dapat menggigit manusia jika ada yang mencoba untuk menangkapnya. Hal ini merupakan reaksi alamiah yang dimiliki oleh bunglon sebagai predator yang suka memangsa hewan-hewan kecil dan jenis hewan lainnya.

Baca juga: Tips Memelihara Panana Untuk Pemula

Jadi, untuk sahabat tani yang memiliki bunglon atau mencoba menangkapnya, tetap berhati-hati. Meski hewan ini satu ini tidak beracun dan berbahaya. Namun jika terkena gigit, tentunya akan menimbulkan rasa sakit.

Related News