• 26 October 2021

Rahasia Ayam Pelung Cepat Besar

uploads/news/2021/09/rahasia-ayam-pelung-cepat-196912829e3e257.jpeg
SHARE SOSMED

Perlu perawatan khusus yang dilakukan supaya ayam pelung kecil bisa menjadi besar dan juga sehat. 

Bagi sahabat tani pencinta ayam hias pasti sudah tahu dengan ayam ras unggul yang berasal dari Cianjur ini. Tapi bagaimana cara merawat ayam pelung agar cepat besar? Perlu perawatan khusus yang dilakukan supaya ayam pelung kecil bisa menjadi besar dan juga sehat. Jika sudah besar dan sehat, ayam pelung akan memiliki fisik yang relatif besar.

Selain itu, kelebihan ayam ini adalah memiliki suara kokokan yang panjang. Suara dari ayam pelung dewasa inilah yang sering dijadikan bahan lomba atau kontes bagi para penggemarnya. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam perawatannya, seperti kebersihan kandang hingga pakan.

Abdul Holip, peternak ayam pelung asal Cinere, Depok, Jawa Barat akan memberikan tips khusus untuk sahabat tani bagaimana cara menjaga bobot ayam pelung agar stabil. Holip mengatakan pertumbuhan pada ayam pelung akan berlangsung selama satu hingga enam bulan lamanya.

“Cara menpertahankan bobot agar stabil yaitu pasti dari pakannya dan memang pada dasarnya ayam ini makannya banyak sekali,” ujar Holip.

Baca juga: Tips Budidaya Ayam Pelung

Pria berusia 36 tahun ini mengatakan, masa-masa ayam pelung mengurangi makan di usia enam sampai tujuh bulan nah disaat itulah kita harus jeli agar makannya tetap stabil.

“Kalau sudah di usia enam sampai tujuh bulan harus rajin dikasih vitamin agar makannya tetap nafsu jadi bobotnya nggak berkurang,” ujar pria yang juga berprofesi sebagai pelatih badminton itu.

Lebih lanjut Holip menambahkan, pakan memang menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi banyak hal seperti pertumbuhan, tingkat gemuk, kesehatan dan suara kokok.

“Kalau sudah mulai kawin makannya semakin lahap. dari temboloknya itu dia bisa isi semua. sehari dua kali biasanya temboloknya gede tapi jangan kebanyakan juga karena kalau terlalu besar bobotnya kuarang bagus juga, kalau saya pakan yang diberikan pelet bisa saja sih,” tambahnya.

Tak lupa, Holip menyarankan untuk ayam pelung biasakan mandi seminggu sebanyak dua kali, agar ayam pelung terbiasa dirawat, sebab ayam ini juga lebih perasa loh sahabat tani. “Ayam ini sangat perasa, kalau kita rawat, kita sentuh, kita pegang dia akan lebih sehat jadi kalau kurang perhatian dia jadi gampang sakit,” tutupnya.

Baca juga: Raup Untung dari Ayam Pelung

 

Related News