• 29 March 2024

Raup Untung dari Bonsai Kelapa

"Untuk harga dikisaran Rp. 500 ribu sampai Rp. 1,5 juta per bonsai tergantung tingkat kesulitannya"

KLATEN - Keberadaan tanaman hias yang seringkali kita sebut dengan bonsai kelapa dapat menjadi alternatif pilihan yang tepat untuk tumbuhan yang ditanam di dalam rumah. Dalam cara pembuatan dan merawatnya juga terbilang tidak sulit dan mudah untuk dipraktekkan berbagai kalangan usia.

Kita pastinya mengetahui tentang mengenai pohon bonsai, yaitu tanaman yang dibentuk menjadi kerdil namun terlihat indah dan unik. Ternyata pembuatan kerajinan tangan bonsai ini memang disengaja oleh banyak orang dan menjadi bagian dari sebuah seni yang membutuhkan ketekunan dan kesabaran yang besar.

Biasanya orang-orang yang hobby dan menggeluti budidaya tanaman hias sudah pasti tidak asing lagi dengan istilah bonsai beringin, bonsai serut, dan juga bonsai kelapa. Biasanya, tanaman bonsai memang sengaja dibuat dan dibentuk dari tanaman berkayu yang keras, beda lagi konteksnya pada bonsai kelapa.

Baca juga: Cara Mudah Mmmbuat Bonsai Adenium

Bonsai kelapa kini semakin digandrungi dan banyak dicari para pehobi tanaman hias. Peluang itu dijadikan ladang usaha bagi seorang pensiunan aparatur sipil negara (ASN), Puji Hartono (62), warga Margomulyo, Gergunung, Klaten, Jawa Tengah.

Puji mengaku menekuni kerajinan bonsai kelapa sejak adanya pandemi COVID-19. Karena tidak bisa kemana-mana, ia pun menyibukkan diri untuk berkreasi menyulap bonsai kelapa menjadi aneka ragam karakter seperti burung elang, burung hantu, vespa, dan sebagainya.

"Sejak Mei 2020. Karena ada pandemi tidak bisa kemana-mana. Saat itu melihat di tayangan TV kok ada bonsai kelapa, saya senang. Akhirnya saya bikin sendiri," ujarnya, Minggu (29/8).

Baca juga: Bonsai, Perawatan Mudah Hasil Melimpah

Setiap satu bonsai kelapa, Puji membutuhkan waktu sekitar tiga hari untuk dibuat karakter. Dari hasil kreasinya itu ia sering mendapatkan pesanan baik dari klaten maupun luar daerah. Untuk harga dikisaran Rp. 500 ribu sampai Rp. 1,5 juta per bonsai tergantung tingkat kesulitannya.

"Pemasaran offline dan online. Hanya saja kalau ada pemesan tetap harus ke sini biar tahu langsung wujud barangnya dan sekalian saya beri tahu cara perawatannya. Agar tanaman tetap hidup," ujarnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung Abdul Hakim (47) warga Klaten, mengaku tertarik dengan bonsai kelapa kreasi Puji Hartono. Harga yang ditawarkan pun juga sesuai dengan kualitas barangnya.

Baca juga: Sulap Ampas Kelapa Sebagai Pakan

"Terus terang baru kali ini melihat kreasi beliau pak Puji, meski sudah purna tugas sudah pensiun tetap kreatif membikin bonsai kelapa. Bagus untuk dicontoh. Harganya juga terjangkau," imbuhnya.

Related News