• 26 April 2024

Porang, Tanaman Hits Indonesia

uploads/news/2021/08/porang-tanaman-hits-indonesia-43927215c722ec2.jpeg

"Porang ini juga merupakan salah satu tanaman lokal Indonesia yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi karena kandungan glukomanan yang dimilikinya"

JAKARTA - Porang, tanaman umbi-umbian tengah populer dibicarakan masyarakat, lantaran kisah sukses petaninya. Petani porang di desa Kepel, Jawa Timur berhasil menjadi miliader karena bisnis ekspor porang tanaman porang memiliki nilai strategis untuk dikembangkan, karena punya peluang yang cukup besar untuk diekspor.

Catatan Badan Karantina Pertanian menyebutkan, ekspor porang pada tahun 2018 tercatat sebanyak 254 ton, dengan nilai ekspor yang mencapai Rp 11,31 miliar ke negara Jepang, Tiongkok, Vietnam, Australia dan lain sebagainya. Umbi porang saat ini masih banyak yang berasal dari hutan dan belum banyak dibudidayakan.

Baca juga: Untung Besar Bisnis Tanaman Porang

Ada beberapa sentra pengolahan tepung porang saat ini, seperti di daerah Pasuruan, Madiun, Wonogiri, Bandung serta Maros. Peneliti Porang dari Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi atau Balitkabi Dr. Novita Nugrahaeni mengatakan potensi porang di Indoensia saat ini sangatlah besar. "Saat ini porang telah ditanam di Jawa Timur, Jawa barat, Jawa Tengah, DIY, Sumatera Utara, Banten, Sulawesi Selatan," pungkasnya saat dihubungi Jagadtani.id melalui pesan singkat.

Porang tumbuh dari dataran rendah sampai 1000 m di atas permukaan laut, dengan suhu antara 25-35oC, curah hujan antara 300-500 mm per bulan selama periode pertumbuhan. Dr. Novita juga menyampaikan, porang umumnya ditanam pada agroekosistem hutan, dengan tingkat naungan antara 40% hingga 60%.

Porang tumbuh baik pada lahan ternaungi maupun pada lahan terbuka dengan persyaratan tertentu. Porang dapat ditanam dengan bahan tanam katak atau bulbil, umbi, biji atau spora, dan bibit asal kultur jaringan. Porang menghendaki lahan gembur dan subur untuk mendapatkan hasil optimal. Perawatan utama pada porang adalah penyiangan gulma, serangan hama penyakitnya masih sangat rendah.

Baca juga: Porang, Makanan Pokok Masa Depan

"Porang ini juga merupakan salah satu tanaman lokal Indonesia yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi karena kandungan glukomanan yang dimilikinya. Glukomanan yang terkandung di dalam umbi porang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri baik industri makanan, kesehatan, dan kosmetik," tutupnya.

Related News