• 28 March 2024

Untung Rugi Bisnis Tanaman Adenium

uploads/news/2021/08/untung-rugi-bisnis-tanaman-68350ae07820e7c.jpeg

“Tampilannya menarik, unik dan indah. Dia bahkan bisa berbunga tanpa harus menunggu musim berbunga tiba. Warna bunga kamboja jepang juga bervariasi,”

JAKARTA - Bunga adenium atau sahabat tani bisa juga sebut dengan panggilan bunga kamboja jepang, memang memiliki tampilan yang sangat menarik dan cantik. Penggemar bunga adenium ini terbilang sangat banyak dan tinggi. Bentuk batangnya yang kerdil atau bonsai memiliki tampilan yang unik, baik dari bentuk batangnya hingga warna cantik pada bunganya. Peluang usaha budidaya tanaman adenium ini bisa dikatakan sangat besar. Hal ini dikatakan oleh Asep, salah satu pembudidaya tanaman adenium di daerah Cikokol. Menurut Asep, dari budidaya bunga adenium ini mampu menghasilkan bunga dengan nilai jual yang cukup tinggi.

“Tampilannya menarik, unik dan indah. Dia bahkan bisa berbunga tanpa harus menunggu musim berbunga tiba. Warna bunga kamboja jepang juga bervariasi,” kata Asep saat ditemui reporter Jagadtani.id di Kampung Sembung RT. 09/RW. 06 Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Baca juga : Kenali Berbagai Jenis Penyakit Adenium

Asep juga mengatakan, “Namun yang paling membuat tanaman ini semakin mahal adalah jenisnya dan bentuk bonggol atau bonsainya ini. Bisa dibanderol dengan harga ratusan ribu hingga jutaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Asep menambahkan bahwa cara perawatan tanaman adenium juga mudah. Sehingga, perawatannya pun tidak sulit bagi para pemula, tidak memerlukan penyiraman yang sering, dan cukup diletakkan di ruang yang terbuka dan terkena cahaya sinar matahari. Pada musim hujan, Asep menyarankan, sebaiknya ditempatkan di dalam ruangan yang tidak lembab.

“Kamboja jepang ada beragam jenisnya, yang khas Indonesia itu jenis yang obesum. Kalau biasanya kamboja jepang yang impor itu batangnya yang membesar, kalau yang khas Indonesia ini bonggolnya yang besar. Kalau di luar negeri, jenis yang obesum ini susah dicari,” ujar pria berusia 31 tahun itu.

Baca juga: Tips Mudah Merawat Bonsai Adenium

Selain melihat keuntungan pada bentuk bonggol adenium, tanaman ini cukup kuat jika sudah berusia satu tahun ke atas. Sehingga, tanaman adenium juga unggul pada kemampuan adaptasinya yang tinggi. Tentu ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh sahabat tani selama merawat tanaman adenium.

“Kekurangannya, harus sabar dalam merawat adenium. Tidak boleh terburu-buru. Kemudian, pelaku bisnis adenium sangat ketat. Karena cukup mudah untuk merawat tanaman ini, maka penjual atau petani dari jenis tanaman ini juga banyak. Sehingga, harus ungul dalam proses pemasarannya agar tidak kalah saing dengan penjual adenium lainnya,” jelas Asep.

Baca juga Fakta Menarik dari Kamboja Jepang

Untuk itu, Asep menyarankan beberapa tips kepada sahabat tani yang baru saja terjun sebagai pelaku bisnis tanaman adenium.

“Bisnis budidaya tanaman adenium ini cocok dijalankan oleh semua orang. Dengan memiliki kemauan dan minat yang tinggi, maka bisnis budidaya bunga adenium ini dapat dijalankan dengan mudah dan sukses,” tutupnya.

Related News