• 24 April 2024

Tips Memelihara Panana Untuk Pemula

uploads/news/2021/08/tips-memelihara-panana-untuk-9077290ede977ef.jpeg

“Panana lebih gampang buat perawatannya, karena gak terlalu di wajibin buat jemur, lampu uva uvb gak dipake juga gapapa tapi lebih baik dipake”

JAKARTA – Panana, dikenal juga sebagai Blue Tongue Skink atau Kadal lidah biru. Kadal yang memiliki panjang tubuh sekitar 30 – 60 cm, dan banyak ditemui di Papua. Panana juga disebut mirip ular, namun memiliki empat kaki.

Panana memiliki lidah berwarna biru. Di alam bebas. satwa ini banyak dijumpai di Papua, Papua Nugini, Tasmania, dan Australia. Panana atau kadal lidah biru, berkembang biak dengan cara melahirkan 5-14 ekor anak. Induk betina bunting selama 3-5 bulan, kemudian melahirkan anak yang rata-rata panjangnya sekitar 13 sentimeter dan saat dewasa, panjangnya bisa mencapai 40-60 sentimeter.

Walaupun panana ditakuti oleh masyarakat papua, namun tidak bagi Venantius Refo, mahasiswa lulusan komunikasi justru senang memelihara panana. Ia lebih tertarik memelihara hewan reptil dibandingkan dengan hewan yang lainnya. Panana sendiri bisa menguntungkan kalau kita berhasil breeding atau dikembangbiakkan, keuntungannya lumayan. Selain itu, panana juga susah susah gampang untuk perawatannya.

Baca juga: Panana, Si Ular Berkaki Empat

Lalu gimana caranya memelihara panana sebagai pemula?

Sahabat tani bisa mempersiapkan kandang dengan alas apa saja, karena alas reptil banyak sekali, tidak harus yang besar dan mahal, yang penting pas untuk panana yang kalian ingin pelihara.

“Panana lebih gampang buat perawatannya, karena gak terlalu di wajibin buat jemur, lampu uva uvb gak dipake juga gapapa tapi lebih baik dipake. Makanannya dia catfood, buah-buahan, serangga. Buat kandangnya itu sih selera masing-masing ya, bisa pake terrarium, box cb, aquarium, terus dikasih alas kaya cocopiet, cocochip, coco husk, banyak alas reptile,” Ucap Refo pada Jagadtani.id baru-baru ini

Tak hanya itu, kandang untuk panana juga bisa ditambah dengan lapisan tanah di bagian bawah agar panana dapat menggali, karena ia termasuk hewan yang suka menggali untuk melindugi dirinya. Suhu di dalam kandang juga harus berkisar antara 26 hingga 37 derajat celcius.

Baca juga: Bearded Dragon, Idaman Pecinta Reptil

Panana ini tergolong dalam kadal yang mampu berenang, tapi jangan terlalu sering memberikan air untuk perendaman, dan perendaman pada kadal panana bisa membantu untuk proses pergantian kulit.

"Pelihara hewan kaya gini sih sebenernya emang suka hewan aja terutama reptil. Suka proses breeding/ pengembang biakkannya, buat ngilangin stress juga abis kerja, sama buat hobi aja sih,” tutupnya.

Related News