• 19 April 2024

Rahasia Pakan Ayam Cepat Gemuk

"Kalau untuk ayam agar cepat gemuk dan panen kuncinya ya di campuran pakan, saya sendiri sudah bertahun-tahun kalau untuk pakan ayam campuran nutrisinya harus seimbang"

JAKARTA - Para peternak yang baru memulai bisnis ini meyakini bahwa pertumbuhan ayam tidak bisa tumbuh dengan cepat dan tidak beragam. Cara memelihara ayam potong dengan ayam kampung super juga hampir sama.

Namun hal tersebut terjadi karena para peternak baru belum memahami secara detail teknis atau cara beternak ayam tersebut. Jenis pakan juga sangat mempengaruhi pertumbuhan ayam.

Biasanya peternak yang baru memulai beternak ayam memasok pakan pabrik, namun untuk tahap atau tahap akhir biasanya peternak memasok pakan pabrik yang dicampur dengan jagung tanah atau dedak.

Padahal, hal ini bisa berakibat turunnya nutrisi yang diserap tubuh ayam sehingga ayam yang tumbuh tidak beragam. Bahan pakan konvensional adalah bahan baku yang sering digunakan dalam pakan yang biasanya memiliki kandungan nutrisi yang cukup (misalnya protein) dan disukai oleh hewan ternak.

Baca juga: Tips Merawat Anak Ayam Bangkok

Seperti halnya yang dilakukan Manin, Warga asal Jalan Karang Tengah Raya, Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan ini memelihara cukup banyak ayam di rumahnya. 

"Kalau untuk ayam agar cepat gemuk dan panen kuncinya ya di campuran pakan, saya sendiri sudah bertahun-tahun kalau untuk pakan ayam campuran nutrisinya harus seimbang," ujarnya saat ditemui Jagadtani.id baru-baru ini.

Manin mengatakan pakan yang bergizi atau bernutrisi teapat akan membuat ayam gemuk, sehat, dan kuat. Apalagi dalam beternak ayam potong, bobot tubuh ayam menjadi hal yang paling penting dalam penentu kesuksesan penjualannya.

Baca juga: Perhatikan Kucing di Masa Pandemi

"Bahan utamanya itu ada jagung, sayur, bekatul, bungkil kedelai, gandung, tepung ikan dan bahan lainnya. Pertama-tama campur semua bahan menjadi satu lalu haluskan hingga bahan berubah menjadi tepung. bisa juga menghaluskan campuran bahan menggunakan mesin untuk mempermudah dan mempercepat proses penghalusan. Setelah semua bahan menjadi tepung, aduk bahan hingga semua bahan tercampur secara rata. Kukus bahan tersebut dengan suhu sekitar 800 hingga 900 derajat celcius sampai matang. Dinginkan campuran bahan tersebut lalu lalu berikan pada ayam pedaging," jelas pria yang bekerja di Kementerian Pertahanan tersebut.

Untuk campuran sayur, sahabat tani bisa menggunakan sayur bekas dimasak atau yang baru. Jenis sayurnya apa saja bisa sawi, bayam, kangkung, tauge, dan lain-lain.

Related News