• 6 Desember 2020

Merak Putih, Si Cantik Albino

SHARE SOSMED

Burung merak bernama latinnya Pavo cristatus saat ini sudah semakin langka dan jarang dijumpai.

BANDUNG – Burung merak terkenal dengan bulu ekornya yang sangat cantik. Burung merak pun sering dijadikan lambang keindahan dan keanggunan oleh masyarakat. Spesies burung merak yang beragam, dengan bulu ekornya yang mempesona, membuat daya tarik tersendiri dan tak akan bosan melihat kecantikannya.

Ternyata, selain burung merak yang memiliki bulu khas berwarna hijau, dan burung merak dengan warna rona biru menyala. Terdapat jenis lain dari burung merak yang unik berwarna putih seperti kapas, namanya Merak Putih atau Merak Albino.

Merak putih ini biasanya hanya terdapat di negara tertentu saja seperti di India dan Sri Langka. Namun, saat ini di Indonesia sudah ada wahana wisata yang menampilkan unggas unik ini. Walaupun sangat jarang sekali dapat ditemui, tapi merak ini bisa ditemui di Peacock Park, Paris Van Java Mall, Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, belum lama ini.

Burung merak bernama latinnya Pavo cristatus saat ini sudah semakin langka dan jarang dijumpai. Menurut Epiyan, pengurus Peacock Park-Bandung, di Indonesia sendiri memiliki merak hijau yang merupakan merak asli Indonesia dan merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi. Sama halnya dengan merak hijau, populasi burung merak Albino ini bisa dihitung dengan jari dan semakin langka. Epiyan pun menuturkan bahwa jenis merak albino hanya dapat muncul kurang lebih setiap lima tahun sekali.

Epiyan menambahkan, munculnya merak albino atau merak putih merupakan hasil perkembangan dunia sains, yang kemudian muncul ide rekayasa genetika dengan membuat pigmen warna pada burung merak menghilang. Alhasil, terciptalah warna putih pada keseluruhan tubuh burung merak yang sering disebut albino. Sejak lahir, burung merak putih pada awalnya tidak memiliki warna putih.

Awalnya, mereka tampak seperti anak unggas biasa yang punya tubuh kecil dengan bulu berwarna kecokelatan. Kemudian pada usia tiga bulan, barulah bulu-bulu cantik itu tumbuh perlahan menutupi seluruh tubuh burung merak.

“Memberikan makan merak putih albino ini juga tidak berbeda dengan merak pada umumnya. Jenis pakan burung merak putih bisa seperti macam biji-bijian, dedaunan atau rumput, aneka serangga, serta hewan-hewan kecil seperti cacing,” ucap Epiyan.

 

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App