• 19 September 2021

Negara-Negara dengan Pertanian Tercanggih Sedunia

uploads/news/2021/07/negara-negara-dengan-pertanian-tercanggih-287577c77fc8a74.jpg
SHARE SOSMED

"Perkembangan teknologi memang menyentuh seluruh sendi kehidupan. Makin canggihnya teknologi pertanian membuat kita memiliki kesempatan yang lebih besar dalam mengembangkan bisnis pertanian"

JAKARTA – Sektor pertanian menjadi salah satu komponen pembangunan nasional. Jika pertaniannya maju maka kita bisa menuju kebutuhan pangan yang baik untuk ikut berpartisipasi dalam hal mengentaskan kemiskinan. Saat hasil pertanian melimpah, tentu artinya perekonomian kita jadi lebih meningkat.

Pada zaman yang serba instan seperti sekarang, kecanggihan teknologi membuat segala pekerjaan kita jadi lebih mudah. Di sektor pertanian, beragam alat canggih diperkenalkan untuk mempercepat proses cocok tanam. Tidak dipungkiri bahwa salah satu faktor pembuat naiknya kesuksesan dalam bercocok tanam adalah hadirnya alat pertanian yang lebih modern dan lebih praktis. Mengikuti perubahan zaman, alat pertanian modern kini menggantikan alat pertanian tradisional.

Perkembangan teknologi memang menyentuh seluruh sendi kehidupan. Makin canggihnya teknologi pertanian membuat kita memiliki kesempatan yang lebih besar dalam mengembangkan bisnis pertanian. Dengan memakai berbagai alat modern dalam pertanian maka kegiatan usaha pertanian menjadi pertanian yang modern untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Hadirnya aneka mesin dan alat canggih akan makin mempermudah kita dalam mengelola tanah pertanian.

Saat ini pemeliharaan lahan lebih mudah untuk dilakukan dengan bantuan berbagai alat modern. Baik saat penanaman, menunggu masa panen, hingga saat panen. Lahan akan lebih mudah dirawat, tanaman juga lebih subur, dan hasilnya lebih melimpah. Maka akan sangat disayangkan jika petani belum banyak mengenal aneka teknologi dalam pertanian modern. Karena dengan bantuan teknologi modern, maka para petani bisa bekerja dengan hasil yang lebih maksimal.

Hampir semua tumbuhan bisa tumbuh di tanah Indonesia. Namun ironisnya sistem pertanian serta perhatian khusus kepada para petani di Indonesia sangatlah kurang. Bahkan pertanian di Indonesia ini kalah dengan sistem pertanian negara yang tidak memiliki tanah subur seperti Indonesia. Berikut beberapa negara pertanian yang memiliki sistem pertanian dan pengolahan pertanian terbaik di dunia yang memanfaatkan teknologi pada sistem pertanian di negaranya sehingga menuai hasil pertanian yang maksimal.

Jepang

Jepang yang dijuluki sebagai negara sakura ternyata memiliki pertanian yang terbaik. sebagai negara dengan teknologi yang tinggi dan maju, Jepang menerapkan teknologi di bidang pertaniannya. Masyarakat Jepang sangat kreatif dalam pengolahan lahan untuk di jadikan sebagai lahan pertanian. mereka menanam bisa di ruang bawah tanah, di pekarangan rumah, pinggiran kereta api, dan sebagainya.

Pasca tsunami yang meluluh lantahkan sebagian lahan pertaniannya, Jepang merencanakan sistem pertanian yang lebih modern dengan menggunakan dan memanfaatkan teknologi mereka yang canggih. Teknologi terbarukan seperti traktor tanpa awak, mesin tanam, dan mesin panen mulai di gunakan para petani. Sementara itu untuk menghalau hama, Jepang menggunakan teknologi lampu LED.

Baca juga : Peternakan Sapi Apung Pertama Sedunia

Belanda

Melihat sektor pertanian negara yang disebut sebagai negara kincir angin, Belanda. Luas negara ini memang tak mencapai satu persen dari luas negara Indonesia. Tak ada tanah dan tak ada lahan yang cukup untuk bertani di negara ini. Terlebih dengan iklim dingin di negara Belanda bertani merupakan hal yang sangat tidak mungkin terjadi. Namun Belanda mampu menjadi negara peringkat 2 untuk negara pengekspor produk pertanian terbesar didunia dengan nilai ekspor mencapai 72,8 miliar Euro. Produk andalannya adalah benih dan bunga. Kunci dari majunya pertanian di Belanda adalah Riset. Kebijakan-kebijakan dan teknologi di adopsi dari riset-riset yang dilakukan para ahli.

“Inovasi tiada henti dan kreativitas tanpa batas”. Kedua hal tersebut yang membawa negara Belanda selalu menjadi yang terbaik dan juga memanfaatkan teknologi pada sistem pertanian di negaranya.

Baca juga : Canggih, Semprot Pupuk Pakai Drone

Amerika serikat

Teknologi pertanian Amerika semakin maju lagi sejak abad ke-19, saat banyak mesin dan teknologi baru ditemukan. Pertanian di sana semakin berkembang mesin dan teknologi yang ditemukan itu juga digunakan untuk meningkatkan hasil dan mutu pertanian.

Kebanyakan lahan pertanian di Amerika ditanami jagung, jerami, dan gandum. Tanah pertanian utama digunakan untuk menghasilkan makanan serat-seratan. Kini, Amerika Serikat merupakan salah satu negara pengekspor hasil tani terbesar di dunia.

Komoditasnya pun lengkap dan berkualitas sangat baik.Mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, ayam potong, daging sapi, susu, hingga ke tembakau dan biji-bijian. Peralatan pertanian di Amerika sudah sangat modern. Di Amerika, traktor dapat berfungsi sebagai penarik alat-alat lainnya, seperti mesin pencangkul, pemupuk, penanam benih, pemotong, dan pemanen.

Bahkan, beberapa traktor dapat menjadi sumber daya untuk mesin lainnya Hasil tani utama yang dihasilkan para petani Amerika berupa gandum, kacang kedelai, beras, kapas, dan tembakau. Hasil tani ini sebagian besar diekspor ke luar negeri. Kemajuan teknologi pertanian di sana telah memperbaiki sistem pembungkusan, pemrosesan, pengangkutan, dan pemasaran dari hasil-hasil pertanian di Amerika.

Baca juga : Panen Dari Kebun Bawah Laut

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App