• 28 September 2021

Konsumsi Timun Setelah Makan Daging

uploads/news/2021/07/konsumsi-timun-setelah-makan-72350ba32cf31bc.jpg
SHARE SOSMED

"Rupanya di balik rasa manisnya, timun menyimpan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita loh sahabat tani"

JAKARTA - Hari Raya Idul Adha selalu identik dirayakan dengan berbagai kuliner berbahan daging. sebab, pada hari raya kurban ini, sebagian besar umat muslim memiliki stok daging cukup berlimpah, baik daging dari sapi maupun kambing. Meski demikian, daging tak melulu bisa dikonsumsi tiap makan ataupun hari. Semua itu ada batasnya karena bisa saja beberapa gejala muncul karena kebanyakan makan daging.

Nah, agar mencegah munculnya rasa sakit setelah makan daging sapi maupun kambing sahabat tani wajib mengkonsumsi timun. Rupanya di balik rasa manisnya, timun menyimpan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita loh sahabat tani,

Berikut beberapa alasan mengapa kita harus makan timun setelah daging.

Baca juga: Cara Menyimpan Buah Tetap Awet

Jaga kadar kolesterol

Satu hal yang paling ditakutkan dari konsumsi daging adalah naiknya kadar kolesterol dalam darah. Namun jika konsumsi daging diimbangi dengan konsumsi timun maka kolesterol dalam daging tak lagi menakutkan. timun memiliki kandungan alami untuk menurunkan dan menjaga kadar kolesterol berlebih.

Kontrol tekanan darah

Jika ingin menjaga tekanan darah tetap stabil, sebaiknya konsumsi daging bersama dengan acar timun. Acar mengandung magnesium, potasium, dan fosfor yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Serat alami pada timun dianggap ampuh menurunkan kadar lemak dan kolesterol.

Baca juga: Buah-Buahan Ini Bantu Turunkan Kolesterol

Cegah gangguan pencernaan

Beberapa jenis acar timun dibuat dengan proses fermentasi. Acar seperti ini biasanya dibuat dengan cara tradisional misalnya kimchi dari Korea dan sauerkraut dari Eropa. Selama proses fermentasi, gula pada sayur dipecah hingga menjadi asam laktat atau bakteri asam laktat yang lazim disebut probiotik. Probiotik membantu mengatasi masalah pencernaan termasuk iritasi usus, sembelit dan diare.

Membantu penurunan berat badan

Selain mencegah kolesterol, Mentimun merupakan makanan rendah kalori sehingga bermanfaat menurunkan berat badan berlebihan atau setidaknya tidak membuat berat badan terus bertambah. Mentimun membantu sahabat tani mencapai berat badan ideal loh.

 

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App