• 28 September 2021

Rahasia Tersembunyi Daging Sapi Bali

uploads/news/2021/07/rahasia-tersembunyi-daging-sapi-580601ecde62858.jpeg
SHARE SOSMED

“Keunggulan daging sapi bali itu kadar lemaknya rendah bila dibandingkan dengan jenis sapi lainnya. Kalau dibandingkan dengan sapi simental, limosin, lemak atau gajih nya itu lebih banyak daripada daging sapi bali..”

JAKARTA – Hari raya Idul Adha tahun ini, sapi jenis ras bali menjadi hewan kurban yang paling banyak diburu oleh masyarakat. Hal ini karena daging sapi bali menyimpan banyak keunggulan yang menjadi incaran bagi semua orang.

Sapi Bali merupakan salah satu plasma nutfah atau Sumber Daya Genetik Hewan (SDGH) yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dan sudah menjadi ikon sapi nasional. Berdasarkan data statistik peternakan, populasi sapi Bali di Provinsi Bali sebanyak 553.582 ekor. Sapi Bali sebagai rumpun ternak asli Indonesia, memiliki kemampuan produksi dan reproduksi yang sangat baik dan adaptif.

Selain itu, sapi bali merupakan sapi yang berasal dari banteng lokal Indonesia yang awalnya banyak di kembang-biakkan di daerah bali, maka dari itu sapi ini diberi nama sapi bali. Seperti halnya sapi jenis lain yang memiliki keunggulan, sapi bali pun juga memiliki keunggulan tersendiri namun sapi jenis ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan sapi lokal atau impor.
Nah sahabat tani, daging sapi bali memiliki beberapa kelebihan yang ternyata tak banyak orang ketahui saat ini. Sapi bali memiliki kualitas daging yang cukup baik.

Baca juga Peternakan Sapi Apung Pertama Sedunia

Diantara keunggulannya itu adalah kandungan proteinnya jauh lebih tinggi, daging sapi bali mengandung lemak di dalam serat daging relatif rendah, serat dagingnya lebih lembut dan aroma cita rasa dari daging ini sangat familiar pada kuliner nusantara sehingga banyak para pecinta kuliner yang memilih olahan daging sapi bali.

Febri, salah satu peternak sapi di Serang, mengungkap alasan banyak pembeli yang datang ke peternakannya untuk membeli sapi bali.

“Keunggulan daging sapi bali itu kadar lemaknya rendah bila dibandingkan dengan jenis sapi lainnya. Kalau dibandingkan dengan sapi simental, limosin, lemak atau gajih nya itu lebih banyak daripada daging sapi bali. Maka dari itu, banyak yang lebih memilih untuk beli daging jenis sapi bali ini,” ungkap Febri, saat ditemui oleh reporter jagadtani di Gunungsari, Kecamatan CIkeusal, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Baca juga : Viral, Sapi Terkecil Di Dunia

Selain itu, dalam hal daya simpan daging sapi bali tahan lebih lama dibandingkan dengan daging sapi bangsa persilangan. Dari aspek medis, daging sapi bali lebih hieginis untuk konsumsi kebutuhan menu harian sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Baca juga Sejarah Pasar Kambing Tanah Abang

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App