• 28 September 2021

Buah-Buahan ini Bantu Turunkan Kolesterol

uploads/news/2021/07/buah-buahan-ini-bantu-turunkan-18609fb53dceb54.jpg
SHARE SOSMED

"Tingginya kadar kolesterol bisa dikendalikan dengan mengonsumsi jenis buah tertentu"

JAKARTA - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol, salah satunya mengatur pola makan. Orang yang mengidap kolesterol tinggi disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu, termasuk buah-buahan. Jenis makanan yang satu ini memiliki banyak kandungan serat yang larut dalam air. Serat dalam buah bisa mengikat asam empedu, sehingga menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah.

Sebenarnya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel sehat. Namun, kadar kolesterol “jahat” yang terlalu tinggi malah bisa memicu pembentukan plak, sehingga menyumbat pembuluh darah. Kondisi itu bisa meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti stroke dan penyakit jantung. Tingginya kadar kolesterol bisa dikendalikan dengan mengonsumsi jenis buah tertentu, seperti: 

Baca juga: Tips Mengolah Daging Kurban

Pisang

Konsumsi buah pisang disebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal itu terjadi karena kandungan zat inulin pada pisang bisa membantu mengurangi kolesterol yang didapat dari konsumsi makanan. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam darah bisa dikendalikan. 

Anggur

Salah satu buah untuk menurunkan kolesterol adalah anggur. Manfaat anggur dalam menurunkan kadar kolesterol LDL berasal dari antosianin dan polifenol resveratrol yang ada pada bagian kulitnya. Resveratrol dapat membantu mengurangi pembentukan LDL. Sedangkan antosianin berfungsi menurunkan kadar trigliserida di dalam hati, yang pada akhirnya juga menurunkan produksi lipoprotein yang membentuk LDL. Kandungan serat per 100 gram anggur = 0,9 gram.

Baca juga: Minuman Untuk Daya Tahan Tubuh

Apel

Jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan pektin, yaitu kandungan nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Pektin menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam usus halus, kemudian membawanya keluar tubuh melalui feses. 

Buah beri

Buah beri merupakan sumber polifenol anthocyanin dan serat yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol LDL. Sebuah studi tahun 2009 yang dimuat dalam Nutrition Journal menemukan bahwa kadar kolesterol LDL dan total wanita yang mengonsumsi bubuk kering stroberi dalam minuman turun secara signifikan dalam kurun waktu 4 minggu. Dari berbagai studi didapatkan bahwa blackberry memiliki efek menurunkan kadar kolesterol LDL yang terbesar.

Baca juga: Obat Herbal Untuk Kesehatan Ikan

Alpukat

Buah yang satu ini kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Rutin mengonsumsi buah alpukat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat. Buah alpukat juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, serta senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. 

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App