• 28 September 2021

Obat Herbal Untuk Kesehatan Ikan

uploads/news/2021/07/obat-herbal-untuk-kesehatan-65130766e537416.jpg
SHARE SOSMED

"Ikan juga membutuhkan obat-obatan herbal alami untuk kesehatan tubuh ikan. Banyak manfaat yang didapatkan dari obat-obatan herbal ini, yaitu seperti menjaga kesehatan ikan, meningkatkan kekebalan tubuh, meredakan gejala infeksi, dan terdapat keunggulan yaitu tidak menimbulkan residu, dan resistensi bakteri"

JAKARTA – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat masyarakat kini banyak melakukan aktivitas dan menimbulkan hobi baru saat dirumah. Salah satunya yaitu membuat aquascape. Saat ini penjual ikan hias laris diburu masyarakat yang mencari ikan hias untuk aquariumnya.

Seni aquascape sendiri memiliki khas nya masing-masing, ada yang membuat seolah seperti air terjun, rawa, hutan, maupun bebatuan. Dengan di tambah ikan-ikan kecil lucu warna-warni menambah keindahan aquascape tersebut.

Baca juga: Ini Tips Mudah Merawat Aquascape

Aquascape merupakan sebuah seni yang mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan sebagainya di dalam akuarium. Tidak hanya memelihara ikan saja tapi juga memelihara semua komponen yang ada didalam akuarium.

Dalam pembuatan aquasacape banyak faktor yang mempengaruhi keberhasiilan dalam pembuatan dan pemeliharaannya, diantaranya pencahayaan yang berfungsi sebagai pengganti sinar matahari sebagai proses fotosintesis.

Selain itu CO2 juga penting untuk tanaman, dan juga faktor lain yang dibutuhkan seperti pupuk, filterasi penyarinan air yang menjadi prioritas. Selain menjaga kualitas aquascape, kesehatan makhluk hidup didalamnya juga harus diperhatikan. seperti, kesehatan pada ikan. Kita bisa menggunakan tanaman herbal untuk menjaga daya tahan tubuh ikan-ikan hias.

Ada banyak tanaman disekitar kita ternyata dapat dipakai sebagai media pengobatan ikan, hal ini tentunya sangat bermanfaat bidang budidaya ikan. penggunaan tanaman untuk pengobatan ikan dimaksudkan untuk menekan dampak buruk penggunaan obat kimia. 

Ikan juga membutuhkan obat-obatan herbal alami untuk kesehatan tubuh ikan. Banyak manfaat yang didapatkan dari obat-obatan herbal ini, yaitu seperti menjaga kesehatan ikan, meningkatkan kekebalan tubuh, meredakan gejala infeksi, dan terdapat keunggulan yaitu tidak menimbulkan residu, dan resistensi bakteri.

Baca juga: Terumbu Karang yang Terancam Punah

Berikut obat herbal yang baik untuk kesehatan ikan: 

Kunyit (C. Domestica)

Herbal kunyit digunakan sebagai antioksidan dan kinerja pertumbuhan ikan.

Ketapang (T. Catappa)

Daun ketapang biasa digunakan untuk ikan cupang sebagai pengatur pH air, dan nutrisi yang baik untuk ikan cupang.

Temulawak (C. Xanthorzia)

Dibukan sebagai penambah iimunastimulan yang mampu memberikan respon kekebalan tubuh ikan secara langsung terhadap antigen yang masuk ke dalam tubuh ikan.

Baca juga: Perhatikan Dokumen Karantina Ikan Hias

Talas (C. Esculenta)

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan agar terhindar dari serangan penyakit, dan juga sebagai nutrisi pada tubuh ikan.

Sirih (P. Betle)

meningkatkan kekebalan tubuh ikan dari penyakit, dan pengobatan bagi ikan yang terinfeksi bakteri. 

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App