• 28 September 2021

Hewan Paling Utama Untuk Kurban

uploads/news/2021/07/hewan-paling-utama-untuk-908383800f48f16.jpg
SHARE SOSMED

"hewan kurban yang paling utama adalah hewan kurban yang paling mendekati batas kemampuan kita"

JAKARTA - Menjelang Idul Adha, banyak umat muslim yang ingin melakukan kurban. Kurban merupakan salah satu syariat dalam agama Islam. Pelaksanaannya pun sudah diatur sedemikian rupa oleh syari'at Islam. Dalam Al Qur'an Surat Al-Kautsar ayat 2 juga disebutkan, "Maka salatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah kurban."

Ibnu Katsir juga menafsirkan, "Maka kerjakanlah salat fardu dan salat sunatmu dengan ikhlas karena Allah dan dalam semua gerakmu. Sembahlah Dia semata, tiada sekutu bagi-Nya dan sembelihlah qurbanmu dengan menyebut nama-Nya semata, tiada sekutu bagi-Nya."

Sudah menjadi sesuatu hal yang umum, bahwasannya menurut kebanyakan ulama hewan yang bisa dijadikan kurban adalah hewan ternak, atau didalam Al-Quran disebut dengan Bahimatul an’am yaitu unta, sapi, dan kambing. Dalam QS. Al-Hajj : 34, Allah berfirman “Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang telah diberikan kepada mereka berupa hewan ternak”.

Baca juga: Begini Tata Cara Arisan Sapi

Nah, dari ketiga hewan tersebut mana kah yang paling utama untuk dijadikan hewan kurban? Menurut Ustad Khaerul Azmi, M.Sis.I hewan yang paling utama untuk kurban pastinya hewan kurban itu harus sesuai dengan syarat-syarat wajib yaitu tidak cacat, sudah masuk tahunnya karena ada aturan terkait dengan umur hewan tersebut. 

"Tentu yang terbaik sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kita namun apabila kita merujuk kepada empat mahzab itu ada perbedaan pendapat seluruh mujtahid mutlak selain imam malik, yaitu imam Syafi'i, imam Hambali, dan imam, Hanafi urutan paling utama yaitu unta tapi tidak kongsi atau patungan aturannya satu unta buat satu orang," jelasnya saat dihubungi Jagadtani.id melalui pesan singkat.

Baca juga: Penyembelihan Kurban Saat PPKM Darurat

Jika menurut pendapat ulama Syafi’iah, Hanabilah dan Dzahiria serta sebagian ulama malikiah, hewan yang paling utama untuk dijadikan kurban adalah unta, kemudian sapi dan terakhir kambing. 

"Namun apabila merujuk ke imam malik yang paling utama adalah domba, atau pun domba kibas arab, yang memang sibol itu lah yang disembelih oleh Nabi Allah SWT Ibrahim AS sebagai pengganti Nabi Ismail AS yang jelas ada di dalam Al-Quran," ujar ustad yang juga dosen tersebut.

Pada intinya, ia mengatakan bahwa hewan kurban yang paling utama adalah hewan kurban yang paling mendekati batas kemampuan kita.

Baca juga: Hewan yang Tidak Boleh Dibunuh

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App