• 31 July 2021

Kurban dengan Kambing atau Domba

uploads/news/2021/07/kurban-dengan-kambing-atau-768480c09ad12fe.jpg
SHARE SOSMED

"Secara fisik, kambing dan domba memiliki beberapa kemiripan. Namun ternyata kambing dan domba merupakan hewan yang berbeda secara spesies"

JAKARTA – Sahabat tani, hari Raya Idul Adha tak lama lagi. Meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19, namun ibadah kita tetap harus berjalan, misalnya dengan tetap melakukan ibadah kurban yang diwajibkan untuk umat muslim yang mampu. Tapi di antara kita masih ada yang bingung, pilih hewan kambing atau domba untuk kurban?

Nah, sekilas keduanya merupakan jenis hewan kurban dengan karakteristik serupa, tapi ternyata tidak sama. Ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok di antara keduanya, terutama dari segi daging. kalau sahabat tani bingung mempertimbangkan mana dari keduanya yang akan dipilih utuk dikurbankan, sahabat tani bisa pertimbangkan dari pemilihan segi daging tersebut.

Secara fisik, kambing dan domba memiliki beberapa kemiripan. Namun ternyata kambing dan domba merupakan hewan yang berbeda secara spesies. Kambing dalam bahasa Latin disebut spesies Capra Hirpus, sementara domba disebut Ovis Aries.

Perbedaan karakteristik utama di antara keduanya selain dari tanduk dan bulu, juga dapat dilihat dari cara makan serta kebiasaan masing-masing.

Baca juga Penyembelihan Kurban Saat PPKM Darurat

Dari sisi kebiasaan, domba merupakan hewan yang lebih suka hidup berkelompok dan mudah gelisah apabila terpisah dengan kawanannya. Berbeda dengan kambing yang cenderung lebih mandiri.

Untuk segi pakan, kambing biasanya memakan daun-daun segar, terutama bagian pucuk daun, dan memakannya dengan posisi agak berdiri. Sementara domba makan dengan cara merumput, yaitu mencari rumput yang pendek di permukaan tanah.

Bahkan tekstur, cara pengolahan dan kandungan nutrisi daging antara kambing dan domba pun berbeda.
Secara tekstur, daging domba jauh lebih berlemak dibandingkan dengan daging kambing, yang hampir tidak ada lemaknya. Lemak tersebut yang menjadi daya tarik tersendiri dari pemilihan domba sebagai hewan kurban.

Perbedaan daging antara domba yang satu domba dengan lainnya terletak pada usianya. Makin tua domba, maka makin pucat warna dagingnya.

Baca juga Mentan Pastikan Penjualan Kurban Aman

Daging domba muda enak dibakar, dipanggang, atau ditumis. Untuk potongan daging yang paling berlemak, seperti daging di bagian pundak, harus dimasak lama.

Kalau daging domba dibedakan dari usianya, perbedaan utama daging kambing justru terletak dari cara perawatannya, yaitu apakah kambing tersebut dikebiri atau tidak.

Daging kambing yang dikebiri berusia 6 sampai 9 bulan bertekstur lebih lembut dan ringan. Sementara kambing yang tidak dikebiri cenderung memiliki tekstur daging lebih alot serta lebih bau.

Secara teknis memasak, api kecil dan proses memasak yang lama cocok untuk menjaga kelembapan daging kambing. Daging kambing yang lebih lembut dan sedikit lemak pun cocok dipanggang atau dibakar, misalnya untuk jadi sate.

Baca juga Kurban Ternak Betina Terancam Pidana

Daging kambing mengandung kalori, lemak, dan kolesterol yang lebih rendah dari semua daging hewan ternak. Sebuah fakta yang sedikit berbeda dengan asumsi yang banyak beredar selama ini yaitu memakan daging kambing dapat memicu darah tinggi akibat kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Jadi, itu dia tips memilih kambing atau domba yang ingin sahabat tani kurbankan apabila dilihat dari segi daging. Tergantung selera dan kebutuhan masing-masing, ya.

Comment

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App