• 28 September 2021

Ini Tips Mudah Merawat Aquascape

uploads/news/2021/07/ini-tips-mudah-merawat-95676756ef73f0f.jpg
SHARE SOSMED

"Mengganti air menjadi salah satu perawatan yang wajib dilakukan. Untuk frekuensinya mengganti air ini tidak ada ketentuan, misalnya sahabat tani bisa melakukannya seminggu sekali"

JAKARTA - Di masa pandemi seperti sekarang banyak masyarakat yang mmeiliki hobi baru seperti salah satunya memelihara aquascape. Aquascape adalah seni mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu, dan yang lainnya di dalam media kaca atau akrilik, berbentuk kotak kaca mau pun bentuk lainnya yang serupa akuarium. Aquascape tidak hanya memelihara ikan tapi juga memelihara semua komponen yang ada di dalam akuarium, dengan berbagai pendekatan dan ketelitian. 

Merawat aquasape memang cukup mudah namun sahabat tani juga perlu tahu bagaimana cara membersihkan aquascape tanpa meruska komponen dan ikan-ikan yang ada didalamnya, berikut kita bahas.

Baca juga: Aquascape, Hiburan Saat Isoman

Menjaga Asupan Nutrisi

Seperti tanaman pada umumnya, tanaman di dalam air juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Salah satu nutrisi yang penting yakni pupuk. Pemberian pupuk pada aquascape juga harus sesuai dengan petunjuk. Sebab pemberian pupuk yang terlalu banyak, dapat meracuni ikan. Sedangkan pemberian yang terlalu sedikit juga bisa membuat tanaman menjadi mati.

Nah, cara awal yakni pemberian pupuk dasar dengan mencampurkan pupuk kandang atau NPK dengan substrat. Dengan perbandingan 4 substrat dan 1 pupuk. Umumnya substrat yang banyak digunakan yakni pasir. Setelah tercampur, taburkan pupuk tersebut di permukaan akuarium. Kemudian tancapkan tanaman pada campuran pupuk dan substrat tersebut. Untuk nutrisi berkala kamu juga bisa menggunakan pupuk cair, gunakan setiap 4 kali sehari.

Baca juga: Terumbu Karang yang Terancam Punah

Mengganti Air

Mengganti air menjadi salah satu perawatan yang wajib dilakukan. Untuk frekuensinya mengganti air ini tidak ada ketentuan, misalnya sahabat tani bisa melakukannya seminggu sekali. Untuk penggantiannya cukup 20%-30% dari volume air atau pada tiap-tiap bulannya lakukan perubahan air sekitar 50%-60% dari volume air. Nah, jika menggunakan air PDAM, sebaiknya kamu endapkan air terlebih dahulu sebab kandungan kaporit dapat mengganggu kesehatan ikan dan juga tanaman.

Bersihkan Kaca

Pencahayaan yang tinggi pada akuarium juga dapat mengakibatkan tumbuhnya lumut pada dinding kaca akuarium. Sehingga menghalangi pandangan keindahan ikan di dalamnya. Sahabat tani dapat melakukan pembersihan kaca secara rutin. Selain itu juga bisa dengan menggunakan ikan pembersih seperti otocinclus sp, udang red cherry, banyak lainnya.

Baca juga: Budidaya Lobster, Menyelamatkan Biota Laut

Menambahkan Air yang Menguap

Penguapan pada akuarium tanaman aquascape mungkin akan sedikit berbeda karena penguapan air ini tergantung dengan suhu dan juga peralatan yang digunakan. Pada aquascape penguapan yang terjadi akibat pencahayaan oleh lampu. Selain itu, penggunaan kipas untuk pendingin air juga menyebabkan proses penguapan terjadi lebih cepat.

Nah, penguapan ini menjadikan debit air pada akuarium menjadi berkurang. Oleh sebab itu, sahabat tani bisa menambahkan air yang menguap, setiap dua hari sekali, tergantung cepat lambatnya penguapan.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App