• 28 September 2021

Membedakan Hewan Berkelahi atau Bermain

uploads/news/2021/07/membedakan-hewan-berantem-atau-83791073b731a27.jpg
SHARE SOSMED

"Nah kalau perilaku bermain ini ada yang tidak perlu kalah atau menang, biasanya berakhir dengan sendirinya bila sudah lelah atau bosan"

JAKARTA - Siapa disini yang belum bisa membedakan hewan sedang berkelahi atau sedang bermain? mari kita bahas. sahabat tani, hewan juga memiliki perasaan yang sama seperti kita loh. mereka bisa merasakan cemburu, kesal, ataupun sedih. Nah, tapi terkadang kita suka bingung bagaimana cara membedakan hewan sedang beranten atau bermain.

Peneliti dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Prof. Hendra Gunawan, Ph.D mengatakan bahwa hewan itu berkelahi untuk satu alasan, misalnya rebutan sumber daya dan biasanya berakhir ada yang menang dan ada yang kalah. Sumber daya yang diperebutkan yaitu, makan, minum, pasangan, hingga area yg dikuasainya scara ekslusif atau disebut terirori. pemenang berhak mendapatkan yang jadi rebutan itu dan yang kalah harus menyingkir atau pindah mencari sumber daya di tempat lain.

Baca juga: Kintamani, Anjing Purba Asli Indonesia

"Cara membedakan hewan berkelahi atau bermain itu biasanya perkelahian hewan untuk berebut sumber daya ini tidak sampe membunuh. Jika lawan sudah kalah tidak akan dikejar atau dianiaya lagi. Hewan yang membunuh hanya predator atau pemangsa yang memang harus dibunuh untuk dimakan. Tapi dia membunuh secukupnya saja, dan membunuh hewan yg lemah (tua dan anak anak) atau sakit," ujar Prof Hendra saat dihubungi melalui pesan singkat.

Pembunuhan yang dilakukan oleh pemangsa ini bermanfaat untuk menjaga ekosistem seimbang dan sehat, soalnya hewan yang sakit kan dimakan jadi tidak menulari manusia, terus populasi hewan yang dimakan biasanya merupakan hama pertanian seperti monyet, babi hutan, dan lain-lain.

Baca juga: Mengintip Koleksi Pohon Langka Indonesia

"Nah kalau perilaku bermain ini ada yang tidak perlu kalah atau menang, biasanya berakhir dengan sendirinya bila sudah lelah atau bosan. mereka hanya bersenang senang atau berlatih berkelahi atau berlatih berburu. biasa sesama anak atau dalam keluarga (induk dengan anak atau kakak dengan adik)," jelas pria yang juga hobi bersepeda itu.

Jadi bisa disimpulan ya sahabat tani jika hewan sedang bermain atau bercanda biasanya mereka hanya menirukan apa yang lawannya peragakan dan tidak sampai menimbulkan luka apalagi sampai membunuh.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App