• 29 September 2021

8 Tanaman Herbal Cegah Covid-19

uploads/news/2021/07/8-tanaman-herbal-cegah-260443df752b1ad.jpg
SHARE SOSMED

“Surat edaran ini dimaksudkan untuk memperjelas penggunaan ramuan obat tradisional untuk pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan termasuk pada masa Pandemi Covid-19"

JAKARTA – Setelah virus corona dinyatakan sudah positif masuk ke Indonesia, setiap orang berlomba-lomba untuk bisa mencegah virus ini agar tidak terinfeksi. Kemudian, Kementerian Kesehatan menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan obat tradisional berupa jamu dan obat dari tanaman-herbal.

Pemanfaatan obat tradisional tersebut sebagai upaya memelihara kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan termasuk pada masa kedaruratan kesehatan masyarakat atau bencana nasional Covid-19. Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan mengirimkan surat edaran kepada gubernur, bupati/wali kota di seluruh Indonesia untuk memanfaatkan obat tradisional sebagai pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan.

Baca juga: Perhatikan Protokol Kesehatan Untuk Petani

“Surat edaran ini dimaksudkan untuk memperjelas penggunaan ramuan obat tradisional untuk pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan termasuk pada masa Pandemi Covid-19,” kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo, mengutip dari laman resmi Kemenkes RI. Obat tradisional juga tidak boleh digunakan dalam keadaan kegawatdaruratan dan keadaan yang potensial membahayakan jiwa.

Selain itu obat tradisional juga memiliki khasiat di antaranya untuk daya tahan tubuh, darah tinggi, diabetes, mengurangi keluhan batuk, flu, sakit tenggorokan, dan meningkatkan produksi ASI. Berikut beberapa obat alami untuk cegah covid-19.

Jahe

Jahe jadi salah satu rimpang yang memiliki banyak manfaat. Ada dua jenis jahe di Indonesia, jahe putih dan jahe merah. Selain meningkatkan sistem imun tubuh, antioksidan yang terdapat dalam jahe juga efektif membunuh virus.

Baca juga: Jus Untuk Jaga Imun Tubuh

Kunyit

kunyit terbukti efektif menangkal virus corona penyebab flu burung. Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang kerap dijadikan sebagai bahan pewarna alami. Dengan tampilan khasnya yang berwarna kuning, kunyit mengandung tinggi antioksidan dan kurkumin pada kunyit mampu meningkatkan daya tahan tubuh guna membantu mencegah virus corona.

Temulawak

Tanaman herbal yang sering dikaitkan dengan pencegahan virus corona adalah temulawak. Temulawak mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dipercaya sebagai sumber dari berbagai penyakit.

Kencur

Kencur merupakan salah satu tanaman herbal yang berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hampir sama dengan jahe, tanaman ini juga mampu membantu sistem pernapasan agar dapat melakukan fungsinya dengan baik. Berkaitan dengan hal tersebut, kencur bekerja dengan meningkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas pada tubuh.

Baca juga: Ramuan Lawan Covid-19 Varian Delta

Lengkuas

lengkuas selain sering dijadikan bahan masakan, juga bisa dikonsumsi sebagai minuman. Salah satunya dalam ramuan tradisional yang dinamakan empon-empon. Bersama dengan rempah lainnya, lengkuas dipercaya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Daun Kelor

Bahan alami dari daun kelor memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, bahkan lebih banyak dari buah jeruk. Vitamin C adalah salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar sistem imun tetap kuat. Tidak berhenti sampai di situ, daun kelor juga mengandung nutrisi penting lainnya yang mampu memperkuat otot, sel, dan bagian tubuh yang lain.

Baca juga: Ini Sayuran Pendukung Diet

Sereh

Sereh memiliki manfaat salah satunya adalah untuk menurunkan demam. Selain itu, sereh juga bisa mencegah terjadinya flu dan hidung tersumbat. Serai juga diandalkan sebagai antijamur, antibakteri, antiinflamasi, antidepresan hingga antioksidan. Selain itu, serai juga bisa mengatasi depresi, mengontrol tekanan dan dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Jinten Hitam

Tanaman herbal yang terakhir adalah jinten hitam, yang memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan di dalamnya. Selain mampu mengurangi peradangan dalam tubuh, jinten hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App