• 28 September 2021

Karhutla AS Membahayakan Rumah Penduduk

uploads/news/2021/07/karhutla-as-membahayakan-rumah-32860a5f6cea76b.jpg
SHARE SOSMED

"Api ini akan terus tumbuh, vegetasi dan cuaca yang sangat kering tidak menguntungkan kami,"

Jakarta – Sahabat tani, hingga kini kebakaran hutan masih sering terjadi di beberapa belahan dunia. Akibat lalainya pengawasan dan kurangnya kepedulian terhadap lingkungan hidup, kebakaran hutan pun terjadi. Baru-baru ini Amerika Serikat (AS) mengalami kebakaran hutan yang mengancam sejumlah rumah penduduk terbakar di Oregon, California. Kebakaran tersebut merupakan kebakaran terbesar di AS menghanguskan lebih dari 240.000 hektar sejak pertama kali terjadi pada 10 hari yang lalu.

Baca juga : Sayuran-sayuran Kecil Sejuta Manfaat

Kebakaran pertama kali menyebarkan kobaran api sekitar 24.000 hektar per hari rata-rata, atau hanya lebih dari 1.000 hektar setiap jam. Itu adalah area yang lebih besar dari area Central Park setiap jam, atau tingkat lapangan sepak bola terbakar setiap 5 detik selama 10 hari, terang ahli meteorologi CNN, Brandon Miller.

Kebakaran yang bermula 6 Juli di Hutan Nasional Fremont Winema dan di tanah pribadi dekat kota Sungai Sprague di Oregon, telah hangus 241.497 hektar. Kebakaran tahun ini berdampak pada jalur transmisi yang digunakan untuk mengimpor pasokan listrik ke California. Menurut National Interagency Fire Center, sekitar 60 kebakaran hutan melahap kayu-kayu kering juga semak-semak mulai dari Alaska sampai Wyoming. Lebih dari sebagian kebakaran hutan yang aktif terjadi di Idaho, Montana dan Arizona.

Baca juga : Hutan Indonesia Menuju Harapan Dunia

"Api ini akan terus tumbuh, vegetasi dan cuaca yang sangat kering tidak menguntungkan kami," tutur Joe Hessel, komandan insiden Departemen Kehutanan Oregon.

Bootleg adalah salah satu dari 10 kebakaran hutan yang saat ini terbakar di Oregon, gelombang panas bersejarah ini telah menyapu seluruh wilayah Barat, Amerika Serikat. Kebakaran tersebut telah menghancurkan setidaknya 21 rumah dan membahayakan 2.000 lainnya, jelas pejabat pemadam kebakaran.

Tingkat keparahannya membuat para pejabat California mengirim lebih banyak sumber daya pemadam kebakaran ke negara bagian itu. "Penyebaran bantuan timbal balik terbaru California ke Oregon datang hanya sehari setelah Kelompok Koordinasi Multi-Agensi Nasional meningkatkan Tingkat Kesiapsiagaan Nasional ke Level 5 tingkat tertingginya lantaran aktivitas kebakaran besar di sejumlah negara AS dan sumber daya yang berkomitmen," kata kantor Gov. Gavin Newsom.

Baca juga : Pengaruh Kebakaran Hutan Terhadap Ekosistem

Menurut para ilmuwan, adanya kekeringan dampak dari perubahan iklim dapat berkontribusi pada kebakaran hutan yang semakin berbahaya di seluruh AS Barat. Sementara di California Utara, kebakaran Komplek Beckwourth terjadi karena sambaran petir, dari 25 persen yang ditanggulangi berhari-hari. Upaya pemadaman kebakaran telah dilakukan, akibat adanya angin, suhu panas dan kelembaban rendah. Evakuasi pun diberlakukan kepada lebih dari 3.000 warga di pelosok utara serta di negara bagian tetangga, Nevada.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App