• 28 March 2024

Aquascape, Hiburan Saat Isoman

uploads/news/2021/07/aquascape-hiburan-saat-isoman-526793637e90e65.jpg

"Ia memilih untuk membuat aquascape sendiri untuk menghibur diri dimasa PPKM atau isolasi mandiri karena dirinya dipaksa untuk bekerja dari rumah"

JAKARTA - Kasus Covid-19 yang semakin naik membuat pemerintah mengambil keputusan menerapkan Pemberlakukan Pembatasan KEguatan Masyarakat atau PPKM. Hal ini memaksa kita semua untuk kembali seperti masa lockdown beberapa bulan lalu yaitu di rumah saja. Masyarakat masih dihadapi dengan keterbatasan-keterbatasan untuk bercengkerama bersama teman maupun rekan di luar ruangan. Namun, keterbatasan itu memunculkan hobi sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan hiburan atau sebagai penghilang penat.

Hobi yang kini tengah populer di saat pandemi adalah aquascape atau seni menghias akuarium dengan tanaman maupun hewan dengan hasil akhir yang memanjakan mata. Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk menghilangkan stres di tengah pandemi COVID-19, mulai dari bercocok tanam hingga membuat aquascape di rumah.

Baca juga: Terumbu Karang yang Terancam Punah

Aquascape termasuk sendiri hobi yang sebenarnya cukup rumit. Namun, seiring perkembangan teknologi, memiliki aquascape saat ini jauh lebih mudah. Bahkan, masyarakat juga dapat membuat sendiri aquascape di rumah. Hal ini juga dilakukan oleh Manin, warga Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta.

Ia memilih untuk membuat aquascape sendiri untuk menghibur diri dimasa PPKM atau isolasi mandiri karena dirinya dipaksa untuk bekerja dari rumah. “Kalau aquascape itu menurut saya benar-benar seni yang bisa dilakukan semua orangwalaupun dari rumah. Dari menanam sampai menjaga tanaman air agar tetap hidup. Semua itu butuh ketekunan,” ujarnya kepada Jagadtani.id belum lama ini. Beberapa penggiat aquascape juga memiliki beberapa tema di setiap pembuatannya.

Baca juga: Papuyu Gerakkan Ekonomi Masyarakat Kalsel

Ada yang bertema padang rumput, hutan, pegunungan, dan masih banyak lagi. Sementara, Manin lebih memilih membuat aquascape bertema air terjun. “Hobi sekaligus seni ini memang dinilai jadi penghilang stres paling favorit bagi pecinta hewan air. Aquascape juga membutuhkan sentuhan dan kreasi dari penggiatnya. Semakin tinggi sense of art seseorang, maka semakin cantik aquarium yang dibuat,” kata pria yang bekerja di Kementerian Pertahanan tersebut.

Biasanya, para pehobi mempercantik aquascape mereka dengan menyatukan aneka tumbuhan air, ikan hias, pasir, bebatuan, dan akar pohon di dalam aquarium. Tapi ada juga yang menggunakan komponen lain seperti, mainan, rumah-rumahan, dan lain-lain. Semua itu dipadukan dengan alat pendukung wajib seperti media tanam, filter air, hingga lampu LED.

Baca juga: Keajaiban Cerobong Bawah Laut Sangihe

Kalau saya memilih tema air terjunkarena lihat dari internet sepertinya bagus dan tidak membutuhkan bahan yang terlalu banyak. Hanya membutuhkan banyak pasir dan bebatuan. Di sini ikannya juga baru ada kokikarena baru semingguan yang lalu selesai dibuatnya,” tutupnya.

Related News