• 19 April 2024

Aceh Kirim Petani Milenial ke Thailand

uploads/news/2019/11/aceh-kirim-petani-milenial-26245bc9b72c10c.jpg

Selama di Thailand, mereka fokus belajar tentang komoditas kelapa pandan wangi, mulai dari bercocok tanam hingga ke pengolahan dari kelapa pandan wangi.

BANDA ACEH - Pemerintah Provinsi Aceh melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh mengirim 20 petani milenial setempat untuk magang ke Provinsi Songkhla, Thailand untuk mengembangkan ilmu pertanian.

“Hari ini kita juga melepas petani milenial yang tahun ini sebanyak 20 orang ke Songkhla, Thailand. Tahun depan kita akan melakukan (mengirim) lebih besar lagi ke luar negeri,” kata Kepala Distanbun Aceh, A. Hanan, di sela-sela pembukaan Aceh Agro Expo 2019 di Kota Banda Aceh, seperti dilansir dari ANTARA, Jumat (15/11).

Hanan juga menyebut para petani milenial yang berkesempatan menimba ilmu ke negeri gajah putih tersebut merupakan para lulusan SMK pertanian dan sarjana pertanian provinsi paling barat Indonesia itu. Selama di Thailand, lanjutnya, mereka fokus belajar tentang komoditas kelapa pandan wangi, mulai dari bercocok tanam hingga ke pengolahan dari kelapa pandan wangi tersebut.

“Harapannya, sekembali mereka magang, mereka menjadi petani yang tangguh di Aceh, dalam mengembangkan komoditas pertanian dan perkebunan yang dimiliki Aceh,” ujarnya.

Menurut Hanan, potensi pengembangan komoditas kelapa pandan wangi sangat tinggi di Aceh. Komoditas itu begitu banyak didapati di Aceh, mulai dari wilayah pantai Timur Aceh hingga pantai Barat Selatan Aceh.

“Potensi pengembangan kelapa di Aceh bagus sekali. Apalagi, permintaan terhadap kelapa muda ini begitu besar. Maka, dalam rangka memenuhi permintaan itu, kita juga harus menyahuti kelapa pandan wangi ini agar memiliki harga lebih bagus,” harapnya.

Related News