• 9 Agustus 2020

Demi Meningkatkan Konsumsi Ikan

uploads/news/2019/10/demi-meningkatkan-konsumsi-ikan-67707c1853ad32a.jpg
SHARE SOSMED

Walau Indonesia termasuk negara maritim, sayang angka konsumsi ikan masih sangat rendah. Karena itu, pemerintah daerah pun giat mengajak warganya mengkonsumsi ikan.

 

KLATEN - Sahabat tani mungkin sudah mengerti kalau ikan merupakan salah satu bahan pangan yang tinggi protein dan kaya akan kandungan gizi. Setidaknya, ada dua jenis ikan konsumsi, yaitu ikan air laut dan ikan air tawar. Kandungan gizi pada kedua jenis ikan ini sama tingginya. Salah satunya yaitu kandungan omega 3 yang baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak di masa pertumbuhan.

Sayangnya, walau banyak warga Indonesia yang sudah mengerti manfaat dari ikan, namun masih saja banyak warga yang masih kurang berminat untuk mulai banyak mengkonsumsi ikan. Salah satu daerah yang mampu menghasilkan ikan air tawar yang besar yaitu Klaten, namun tingkat mengkonsumsi ikan di daerah ini masih tergolong rendah, dengan rata-rata konsumsi hanya 18,50 kilogram per kapita per tahun pada 2017 lalu.

Padahal, provinsi Jawa Tengah sudah menargetkan angka konsumsi ikan di Jateng sebesar 26,71 kilogram per kapita per tahun. Angka yang diduduki Klaten saat ini termasuk masih jauh dari target provinsi. Apalagi dengan target nasional yang ditargetkan mencapai 41,11 kilogram per kapita per tahunnya.

Nah, untuk meningkatkan angka konsumsi ikan daerah, pemerintah kabupaten Klaten sedang melakukan berbagai upaya dalam mendongkrak angka konsumsi ikan di Klaten. Salah satunya lewat lomba masak ibu-ibu PKK pada Maret lalu. Kepala Seksi sumber Hayati dan Usaha Perikanan Bidang Perikanan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) mengungkapkan jika sebenarnya pada 2017 lalu sudah ada peningkatan yang cukup yakni sekitar 3% jika dibandingkan pada 2016.

“Untuk tahun 2017 sebenarnya sudah naik sekitar 3% dibandingkan dengan tahun 2016. Tetapi kita harus genjot lagi supaya bisa memenuhi setidaknya target provinsi. Makanya, kemarin diadakan lomba memasak yang diharapkan dapat mendongkrak minat makan ikan di Klaten,” ungkap Murtopo belum lama ini.

Lomba yang diikuti oleh ibu-ibu PKK ini juga diharapkan dapat memberikan pesan secara tidak langsung agar ibu-ibu semakin rajin memasak ikan di rumah agar target pemerintah kabupaten dapat tercapai. Hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Klaten masih gencar dalam memberikan sosialisasi untuk gemar makan ikan (Gemari).

Ini karena banyak kandungan gizi ikan yang dapat meningkatkan kecerdasan pada anak, maka sangat disayangkan jika salah satu di daerah penghasil ikan masyarakatnya masih belum sadar akan manfaat ikan.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App