• 5 Juni 2020

Peluang Usaha Budidaya Ikan Koi

uploads/news/2019/11/peluang-usaha-budidaya-ikan-625083880de7d16.jpeg
SHARE SOSMED

Bisnis ternak ikan memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati.

BOGOR - Sektor perikanan di Indonesia memang memiliki potensi yang sangat besar. Berbagai jenis budidaya ikan banyak dijalankan oleh masyarakat Indoensia. Salah satunya adalah budidaya ikan koi yang memiliki nilai jual yang tinggi.  Ikan yang merupakan jenis ikan mas atau kaper ini memiliki potensi bisnis yang besar.

Peluang usaha budidaya ikan koi dapat dikatakan sangat menguntungkan. Di mana budidaya ikan koi mampu mendatangkan keuntungan yang berlimpah. Apa lagi, koi merupakan jenis ikan primadona, jika kita memeliharanya akan mendatangkan keuntungan sendiri. Ditambah, dengan nilai jual ikan koi yang tinggi, menjadikan banyak orang tertarik membudidayakan ikan hias yang satu ini.

Untuk membudidayakan ikan koi sendiri bisa dibilang susah gampang. Namun, di pasaran banyak sekali orang-orang yang membeli ikan koi sehingga ikan ini sangat laris. Menerjuni budidaya ikan koi tentunya dapat dikatakan sangat menguntungkan. Salah satu anak muda yang terjun ke bisnis ternak ikan koi yaitu Adam, yang bisa dikatakan cukup sukses.

“Bisnis ternak ikan memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis budidaya ikan koi yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis budidaya ikan koi ini tidak sulit kok bisa di mulai dengan mudah dengan modal yang kecil, Sahabat tani dapat memulai bisnis budidaya ikan koi di lahan dekat rumah aja,” jelas Adam kepada Jagadtani di rumahnya di Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jumat (16,11) kemarin.

Menurutnya, bisnis budidaya ikan koi ini cocok dijalankan oleh semua orang. Dengan kemauan dan minat yang tinggi, maka bisnis budidaya ikan koi ini dapat sahabat tani jalankan dengan mudah. Apa lagi, mencari konsumen budidaya ikan koi memang tidaklah sulit, biasanya konsumen budidaya ikan koi datang dalam negeri hingga luar negeri.

“Dalam bisnis budidaya ikan koi biasanya membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya wadah dan jeriken, terpal, pembuatan kolam ikan koi, sewa lahan, pengadaan bibit ikan koi, jaring, pompa air, selang dan pipa pvc, timba, dan drum. Dengan adanya peralatan tersebut maka bisnis budidaya ikan koi lebih maksimal,” ucap Adam

Dalam berjualan budidaya ikan koi, Adam biasanya memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar dan kios ikan lainnya atau dapat mengikuti pameran agar ikan koi terjual dengan harga tinggi. Dalam menjalankan bisnisnya, Adam juga hanya merekrut seorang karyawan terlebih dahulu. Meski tidak menyebut nilai omzet-nya, namun menjalankan bisnis budidaya ikan koi menurut Adam dapat menjadi sumber utama pencahariannya.

“Patokan harga untuk budidaya ikan koi dapat Anda buat dalam hitungan per ekor di mana harga mulai Rp35.000 hingga Rp50.000. Ini tergantung dari harga ikan koi yang ada di pasaran,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App