• 19 April 2024

Begini Resep Rahasia Lele Fillet

"lele yang diternakan haruslah di kolam terpal dan pakan full pelet agar ikannya lebih sehat dan lebih fresh"

BOGOR - Jika mendengar daging fillet pasti yang terlintas dibenak sahabat tani adalah saging sapi atau ayam yang di sudah di potong-potong lalau diberi tepung, iya kan? padahal tak hanya itu loh sahabat tani. Ikan yang satu ini juga bisa difillet.

Ya, ikan lele bisa menjadi salah satu ide usaha lele fillet karena usaha ini belum banyak diketahui oleh sebagian besar masyarakat. Ikan yang satu ini bisa diolah jadi berbagai macam masakan yang lezat. Mulai digoreng sampai menjadi berbagai masakan berbumbu, ikan lele selalu bisa memuaskan lidah dan selera pecinta kuliner.

Baca juga: Budidaya Ikan Tawar Semakin Menggiurkan

Nah, bagi sahabat tani yang ingin membuat fillet lele, tidak sembarangan lele yang digunakan. nah, sahahab tani sudah tahu belum kira-kira lele yang seperti apa sih yang baik untuk di fillet? Aldy novalino. Pemlilik Namfish factory memberikan tips khusu untuk sahabat tani bagaimana cara memilih lele yang tepat untuk dijadikan olahan fillet.

"Pertama kalau di Namfish ini kami bermitra dengan petani-petani pembesaran lalu kami kontrol dengan SOP yang kami punya, yaitu lele yang diternakan haruslah di kolam terpal dan pakan full pelet agar ikannya lebih sehat dan lebih fresh," ungkap Pria lulusan Universitas Padjajaran itu.

Baca juga: Bisnis Olahan Ikan, Omzet Berlimpah

Aldy mengatakan mitra-mitra yang bergabung dengannya haruslah mengikuti SOP yang sudah ia terapkan. karena jika tidak. lele-lele yang ia produksi akan banyak menerima banyak keluhan dari konsumen. Apalagi kebanyakan konsumen Aldy adalah ibu-ibu rumah tangga dan anak kecil.

"Setelah kita menerima kiloan ikan dari para petani langsung kita sortir di ukuran 7-8 cm kenapa segitu? karena ukuran segitu adalah yang pas untuk difillet, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. karena ikan lele jika semakin besar orang tidak mau makan. Lanjut, setelah sortir kita bawa ke RPH terus kita diamkan satu malam untuk mengeluarkan isi perutnya agar ikannya bersih tidak ada kotoran sama sekali. Kemudian kita fillet, di ruangan yang khusus dengan SOP. Semuanya higenis nggak boleh ada tangan terbuka," Jelasnya.

Baca juga: Maggot Solusi Pakan Murah Lele

Sesudah proses pemfilletan ada proses pengemasan, lele yang sudah masuk ke dalam plastik divakum dan langsung dimasukan ke freezer lalu didistribusikan ke para reseller yang tersebar di hampir seluruh Indonesia. Produk yang Aldy jual ada dua macam yaitu ukuran 250 gram isi lima ekor seharga RP. 28 ribu dan 500 gram isi tujuh ekor seharga Rp. 45 ribu keduanya sudah lengkap dengan tepung.

Related News