• 28 September 2021

Membuat Telur Asin Gurih Nikmat

uploads/news/2021/05/membuat-telur-asin-yang-6811544d7fb7bb9.jpg
SHARE SOSMED

“Membuat telur asin dengan memanfaatkan abu gosok, ini berguna untuk menghasilkan cita rasa yang lebih enak dan masa telur asin tahan lebih lama dibanding hanya merendamkan dengan air garam”

TANGERANG – Berbicara tentang telur, tentu tidak jauh dari ayam dan bebek. Jenis telur kedua unggas tersebut memiliki perbedaan yang mendasar, salah satunya warna kedua cangkang. Untuk jenis telur ayam memiliki cangkang berwarna cokelat dan putih. Sedangkan bebek cangkaknya berwarna hijau kebiruan.

Bagi masyarakat Indonesia dari kedua jenis telur tersebut tentu memiliki keunggulan masing-masing. Dimana mengkonsumsi telur biasanya digoreng maupun direbus. Namun, lebih banyak yang memilih digoreng daripada rebus. Apalagi, sangat cocok saat disantap bersamaan dengan nasi hangat juga sambal.

Baca juga: Sukses Ternak Ayam Datangkan Inviestor

Baik telur asin maupun telur ayam kampung keduanya memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satunya mengandung gizi lengkap dan banyak nutrisi untuk pertumbuhan. Khususnya telur asin, yang biasanya dibuat dari telur bebek yang mengalami masa pengawetan dalam beberapa hari. Seperti yang dilakukan Edi, peternak bebek petelur yang baru merintis usahanya sejak pandemi Covid-19 tak kunjung mereda.

Berawal dari pekerja yang di rumahkan, kemudian mulai mencoba memanfaatkan hewan ternak milik ayahnya. Setelah melihat lingkungan sekitar yang menyukai telur asin, Edi pun memulai usaha tersebut, berbagai solusi pun muncul salah satunya dengan mencoba membuat telur asin. Berbeda dengan yang lainnya, Edi menggukan cara yang tidak sering dilakukan masyarakat dalam membuat telur asin.

Baca juga: Kenapa Puyuh Tidak Bisa Terbang

 

“Kalau saya bikin telur asin dengan memanfaatkan abu gosok, ini berguna untuk menghasilkan cita rasa yang lebih enak dan masa telur asin tahan lebih lama dibanding hanya merendamkan dengan air garam,” ucapnya kepada Jagadtani.id. Pria yang tinggal di Desa Gintung, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten ini membagikan tips membuat telur asin dengan menggunakan abu gosok. “Sahabat tani cukup siapkan telur yang ingin diasinkan, lalu garam secukupnya sesuai selera jika ingin terasa asinnya bisa ditambah lebih banyak garam sekitar 500 gram. Selanjutnya, rendam telur di dalam air lalu dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran-kotoran bebek yang menempel, jika ada telur yang mengambang maka dibuang saja karena itu telur tidak bagus,” tuturnya.

Baca juga: Ini Penyakit Berbahaya Burung Puyuh

Cara ini hampir sama dengan menggunakan batu bata hanya saja jika ingin menambahkan varian rasa yang berbeda cukup dipanggang ataupun diasapi hingga matang supaya rasanya lebih gurih dan mengeluarkan arowa yang lebih wangi. “Setelah dicuci bersih, keringkan telur. Lalu siapkan abu gosok yang telah dicampur air dan garam kemudian baluri abu gosok ke semua telur yang ingin diasinkan sampai menggumpal seperti tanah liat. Terus masukkan telur ke dalam wadah besar secara perlahan lalu jika sudah penuh, tutup dan diamkan selama 14 hari. Jika proses sudah selesai, rebus telur dengan api kecil selama 1 ½ jam jangan sampai mendidih agar telur tidak retak,” jelasnya.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App