• 26 April 2024

Kreasi Daun Kelapa untuk Ketupat

uploads/news/2021/05/kreasi-daun-kelapa-untuk-72136e4d22042f0.jpg

"penggunaan janur kelapa pada pembuatan ketupat memiliki tujuan tersendiri.."

JAKARTA - Bagi umat muslim memasak ketupat merupakan salah satu tradisi orang Indonesia untuk perayaan hari raya Lebaran atau Idul Fitri. Namun, sebagian orang masih belum mengatahui cara membuat anyaman ketupat sendiri.

Ketupat merupakan hidangan khas Asia Tenggara maritim yang menggunakan bahan utama beras dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda atau janur. Bagi pemula, cara membuat anyaman ketupat sangat rumit.

Ternyata, cara membuat anyaman ketupat sangatlah mudah jika memerhatikan langkah-langkahnya dengan teliti. Memerhatikan cara memasak ketupat juga perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil maksimal alias tidak keras.

Baca Juga: Tips Membersihkan kepiting dengan Benar

Namun sahabat tani tahu tidak? kenapa ya ketupat selalu dibungkus dengan daun kelapa? 

Menurut ahli gastronomi, Murdijati Gardjito, penggunaan janur kelapa pada pembuatan ketupat memiliki tujuan tersendiri. Pertama dari segi tekstur, anyaman dengan rongga tak rapat memengaruhi hasil rebusan beras. Nasi di dalam anyaman ketupat menjadi lebih pulen.Kedua dari segi rasa, ketupat yang direbus dengan janur cenderung lebih wangi.

Karena janur akan memberikan aroma khas pada makanan yang disimpan atau dimasak di dalamnya. Terakhir dari segi warna, janur memberikan warna alami pada ketupat seperti warna kecoklatan yang menggugah selera. Selain ketiga alasan tersebut, janur kelapa dipilihan karena zaman dahulu hampir detiap rumah orang Jawa memiliki pohon kelapa. Sehingga dapat mudah dicari dan dimanfaatkan.

Baca Juga: Diet Enak dengan Jamur Tiram

Cara membuat Anyaman Ketupat

Pertama, sahaba tani siapkan janur daun kelapa yang masih sangat muda berwarna putih kekuning-kuningan. Lalu buang batang keras pada daun kelapa tersebut. Ambil satu helai janur. Kemudian gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan kiri dengan posisi bawah janur menghadap ke atas. Ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan kiri sebanyak tiga kali dengan sedikit ditekan oleh jempol. Namun kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.

Buatlah kedua gulungan janur tapi saling bersilangan. Namun janur harus tetap dalam posisi tergulung. Ambil salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadi. Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti menganyam.

Baca Juga: Sensasi Kapulaga Kue Yahudi

Teruskan anyaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi. Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa dianyam ke atas. Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.

Baca Juga: Mencoba Resep Viral dari Tiktok

Related News