• 24 April 2024

Panggung Kopi Lahat di Lampung

uploads/news/2019/11/panggung-kopi-lahat-di-359650d493605a2.jpg

“Kopi organik Lahat menjadi daya tarik tersendiri di mata masyarakat.”

BANDAR LAMPUNG - Kopi organik Lahat asal Sumatera Selatan turut diperkenalkan pada Festival Kopi Lampung di Bandar Lampung, Sabtu (9/11). Selain Lampung dan Sumatera Selatan, ada juga Aceh dan daerah lain untuk memperkenalkan produk kopi.

Menurut peserta festival perwakilan Sumatera Selatan, Ujang, dalam gelaran Festival Kopi Lampung perwakilan Sumatera Selatan memperkenalkan kopi robusta organik. Kopi organik merupakan salah satu kopi andalan dari Sumatera Selatan terutama daerah Lahat yang mulai diperkenalkan sejak 2015 silam dan tengah mengurus sertifikasi kualitas produk. Kopi robusta organik Lahat memiliki ciri khas rasa pahit, kental, sedikit asam, dan memiliki rasa creamy, sebab ditanam di ketinggian 480 hingga 500.

“Kopi robusta organik Lahat selain memiliki ciri khas rasa pahit, kental, asam, dan ada rasa creamy, kopi organik memiliki ciri khas lain yaitu kopi tidak memiliki efek samping dan cenderung lebih sehat,” kata Suharsono perwakilan petani kopi Lahat seperti dilansir Antaranews.

Suharsono mengatakan, kopi organik yang dijual dengan harga Rp50.000 per bungkus 200 gram telah dipasarkan hingga luar daerah. Dalam pelaksanaan Festifal Kopi kali ini, masyarakat Lampung tertarik terhadap produk kopi organik.

“Kopi organik Lahat menjadi daya tarik tersendiri di mata masyarakat Lampung yang berkunjung ke anjungan kami. Karena proses perawatannya dilakukan menggunakan bahan alami tanpa pestisida kimia, seperti menggunakan cairan bawang, laos, dan rempah-rempah lain untuk mengusir hama sehingga aman bagi tubuh,” pungkasnya.

Menurut Suharsono, respon positif masyarakat akan produk kopi organik dan juga undangan pemerintah Lampung kepada tim petani kopi Lahat untuk ikut serta dalam Festival Kopi Lampung, telah memberi kesan baik dan menjalin relasi antara petani serta pelaku usaha kopi Lampung dengan Sumatera Selatan untuk mengembangkan produknya menjadi lebih baik.

Related News