• 25 April 2024

Bangun Irigasi 500 Ribu Hektare

uploads/news/2019/11/rencana-bangun-irigasi-500-9845822ff8ab3c3.jpg

Ke depannya Kementerian PUPR akan sepenuhnya mengurus sektor irigasinya, sedangkan Kementerian Pertanian mengurus sektor agrikultur.

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono akan membangun irigasi baru seluas 500.000 hektare dalam rangka mengakselerasi sektor pertanian.

“Rehabilitasi irigasi ke depan sekitar 2,5 juta hektare, kemudian untuk pembangunan baru seluar 500.000 hektare,” ujar Basuki seperti melansir Antaranews, Jumat (8/11).

Menteri Basuki juga mengatakan, ke depannya Kementerian PUPR akan sepenuhnya mengurus sektor irigasinya, sedangkan Kementerian Pertanian mengurus sektor agrikulturnya. Kementerian PUPR juga akan fokus pada 15 provinsi sesuai dengan fokus juga dari Kementerian Pertanian, sehingga hal tersebut akan menjadi sinkron.

“Kami nanti akan melihat lumbung padi atau lumbung pertanian yang mana saja. Terdapat 15 provinsi sesuai dengan tujuh syarat untuk agrikultur, antara lain kesesuaian lahan, ada petaninya, airnya, aksesibilitasnya, iklimnya baik, jadi kriterianya seperti itu,” katanya.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan jika kunjungannya pada Jumat (8/11) ke Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk menjajaki berbagai program yang mungkin bisa disatukan dengan Kementerian PUPR yang menangani semua aspek infrastruktur. Termasuk infrastruktur-infrastruktur terkait dengan pertanian yang dibutuhkan, agar dapat mengakselerasi pertanian dan kepentingan rakyat yang bermuara pada hadirnya tenaga kerja dan marjin yang lebih baik.

“Pertanian itu akan ada kalau irigasinya dibenahi dengan baik. Hari ini komitmen yang paling tinggi dari Menteri PUPR yang saya dapatkan adalah Menteri PUPR akan mendukung penuh saya selaku menteri pertanian khsusunya pada provinsi-provinsi andalan di bidang pangan untuk mendapatkan dukungan maksimal dari Menteri PUPR,” kata Syahrul.

Syahrul juga berharap kerja sama dan sinkronisai antara Kementerian PUPR dengan Kementerian Pertanian dapat terwujud dalam nota kesepahaman hingga mengimplementasikannya secara teknis. Sekedar info, dalam lima tahun terakhir, Kementerian PUPR telah membangun irigasi baru seluas satu juta hektare dan rehabilitasi irigasi seluas tiga juga hektare.

“Saya kira ini sebuah kebahagiaan bagi saya dan tentu ke depannya kita tidak hanya berkomitmen dalam bicara saja atau pertemuan ini, namun terwujud dalam nota kesepahaman sampai dengan mengimplementasikannya secara teknis,” ujar Syahrul.

Related News