• 20 September 2021

TNI Pensiun dilatih Bertani

uploads/news/2021/04/tni-yang-pensiun-dilatih-3395752e3b42018.jpg
SHARE SOSMED

"pelatihan diberikan kepada anggota Bintara Pembina Desa atau Babinsa dengan anggota yang akan menjalani massa pensiunnya yang berlangsung di Markas Kodim 0606/Kota Bogor"

BOGOR - Komando Distrik Militer (Kodim) 0606/Kota Bogor mendukung program pemerintah untuk peningkatan ketahanan pangan di wilayah Kota Bogor. Salah satu bentuk dukungan terhadap program tersebut melalui Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial 2021.

Dalam kegiatan itu, Kodim tengah menyiapkan anggotanya agar dapat memanfaatkan lahan pekarangan yang terbengkalai dijadikan produktif untuk bidang pertanian hingga perkebunan. Adapun pelatihan diberikan kepada anggota Bintara Pembina Desa atau Babinsa dengan anggota yang akan menjalani massa pensiunnya yang berlangsung di Markas Kodim 0606/Kota Bogor.

Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf. Robby Bulan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah teritorial Kodim. Kali ini, pihaknya bekerjasama dengan DKPP Kota Bogor.

Baca Juga: Menanti Agro Eduwisata Ramah Anak

"Salah satunya berkolaborasi dengan DPKP Kota Bogor. Untuk peningkatan ketahanan pangan di wilayah Kota Bogor," kata Kolonel Inf Robby Bulan, di Makodim 0606/Kota Bogor, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/4).
Dandim melanjutkan bahwa upaya tersebut merupakan bukti dukungan terhadap program pemerintah untuk peningkatan ketahanan pangan dengan mengedepankan Babinsa bersama kelompok tani yang ada di kelurahan untuk budidaya pertanian.

Kolonel Inf Robby Bulan melanjutkan tujuan dari kegiatan itu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat agar dapat meningkat dari aspek kewilayahan dan daerah, tentunya dapat memanfaatkan anggota TNI agar memiliki keahlian lain.

"Karena selain anggota, kita juga siapkan anggota yang akan pensiun," ucapnya. Ia juga mengatakan bahwa kedepannya dengan para penyuluh yang dimiliki DPKP dapat membantu Babinsa dan kelompok tani yang ada di masing-masing wilayah.

Baca Juga: Ganjar Ajak Masyarakat Menanam Pohon

Di tempat yang sama, Kepala DKPP Kota Bogor, Anas S Rasmana menjelaskan, instansinya memiliki program Bogor Berkebun yang sejalan dengan program Kodim 0606/Kota Bogor. Program ini mengajak masyarakat gemar dengan urban farming atau berkebun dengan memanfaatkan lahan tak terpakai menjadi lahan produktif.

"Urban farming kan dapat memanfaarkan waktu luang, membudidayakan dalam bentuk pertanian, perikanan, lebah dan sebagainya," kata Anas.

Ia menambahkan, bahwa Babinsa, kedepan memiliki dua fungsi, pertama sebagai aparat teritorial yang membina kewilayahan, dan mengawasi bantuan yang telah diberikan. Sehingga disamping menjalankan tugas utamanya, mereka dapat mengingatkan dan memantau kelompok tani yang sudah diberikan bantuan.

Baca Juga: Harapan Baru dari Indonesia Timur

Kedua, Babinsa sebagai anggota masyarakat dan bisa membuat kelompok tani sendiri selama memiliki lahan. Dengan adanya kegiatan itu diharapkan olehnya dapat meningkatkan pendapatan. "Seperti ada mantan pegawai mal dan grab, bertani jahe. Itukan recovery dan reborn, bahkan bisa mencipakan lapangan kerja," kata Anas.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App