• 16 April 2024

Mudahnya Menanam Kencur di Polybag

uploads/news/2021/03/mudahnya-menanam-kencur-di-82841e464aa1096.jpg

Menanam kencur dalam polybag, tidak jauh berbeda dengan menanamnya di lahan yang luas.

JAKARTA - Sejak wabah virus corona merebak, jamu-jamuan tradisional khas Indonesia juga menjadi salah satu barang yang diincar banyak orang saat ini.

Selain dipercaya dapat memperkuat sistem imun tubuh, jamu juga dipercaya dapat memberi manfaat baik untuk kesehatan. 

Salah satu jamu yang populer dan sering diminum banyak orang yaitu jamu beras kencur.

Bila rutin diminum, kencur yang merupakan bahan baku dari jamu tersebut dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Baca juga: Cara Membuat Beras Kencur Sendiri

Kencur atau yang dikenal juga dengan nama latinnya Kaempferia galangal, masih termasuk ke dalam family jahe (Zingiberaceae).

Seperti yang Sahabat Tani ketahui, famili jahe sudah sejak lama digunakan di dalam pengobatan tradisional karena khasiatnya yang beragam untuk kesehatan tubuh.

Kencur pun juga tidak kalah berkhasiat. 

Tanaman berwarna coklat dengan bagian dalam berwarna kuning ini mengandung banyak komposisi zat yang baik, seperti pati, mineral, sineol, asam metil kanil dan penta dekaan, asam sinamat, borneol, paraeumarin, asam, anisat, alkaloid, dan masih banyak lagi.

Selain itu, dari beberapa penelitian menunjukan bahwa kencur memiliki aktivitas seperti antijamur, antiinflamasi, dan antibakteri.

Hal ini membuktikan, tanaman herbal seperti kencur memiliki berbagai manfaat. 

Belakangan ini, banyak orang yang mulai membudidayakan kencur.

Namun, bagi yang tidak mempunyai lahan, bisa melaksanakan penanaman kencur dalam pot, polybag ataupun karung.

Menanam kencur dalam polybag, tidak jauh berbeda dengan menanamnya di lahan yang luas.

Untuk itu, kita perlu mengetahui syarat tumbuh kencur yaitu menghendaki media tumbuh lempung liat berpasir, dengan pH tanah 5,5-6,5, sinar matahari yang cukup, tersedia unsur hara, dan drainase yang baik

Selanjutnya, cara membudidayakan tanaman kencur dalam polybag yaitu:

Persiapan benih kencur

Pilih bibit kencur yang berkualitas, supaya kencur yang dihasilkan juga berkualitas.

Pilihlah rimpang kencur yang tua, yaitu sudah berumur sekitar 10-12 bulan, sudah mempunyai calon tunas.

Untuk mendapatkan rimpang kencur yang siap, tanam dengan cara meletakkan bibit tersebut pada tempat yang tak terkena sinar matahari secara langsung selama beberapa hari dan bertunas sampai siap tanam.

Persiapan media tanam

Siapkan polybag yang ukurannya agak besar berukuran 15 centimeter ke atas, setelah itu isikan media tanam pada tempat tanam.

Media tanam tersebut berupa campuran tanah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 4:1, bisa juga campuran tanah dan pasir.

Sesudah diisi media tanam, selanjutnya letakkan polybag di tempat yang teduh selama sekitar 1-2 hari sampai kondisi tanah

Penanaman benih kencur

Apabila semua bahan sudah siap, bisa dilakukan penanaman dengan cara membuatkan lubang tanam pada media tanam dengan kedalaman sekitar 5 - 7 centimeter atau disesuaikan dengan panjang rimpang bibit kencur dengan memakai kayu atau yang lainnya.

Dalam satu media tanam, tanami dengan satu atau dua rimpang bibit kencur yang sudah bertunas, posisikan bagian tunas menghadap ke atas ketika ditanam.

Pemeliharaan tanaman kencur

Perawatan pada tanaman kencur tak beda jauh dengan tanaman lainnya, yaitu dengan cara penyiraman secara rutin yaitu dua kali sehari pada pagi dan sore hari jika tak turun hujan.

Agar tanaman kencur dapat tumbuh subur, berikan pupuk dengan memakai pupuk kandang atau pupuk kompos yang disesuaikan dengan keadaan media tanaman dalam polybag, biasanya sebanyak dua genggam tangan.

Apabila ada rumput yang tumbuh disekitar tanaman, segera bersihkan dengan cara mencabutnya.

Hama yang sering menyerang tanaman kencur yaitu ulat pemakan daun.

Untuk menangani hama ini bisa dikerjakan secara manual, yaitu dengan mengambil bagian yang terserang hama tersebut, kemudian dimatikan.

Baca juga: Menanam Paprika di Polybag

Pemanenan tanaman kencur

Biasanya, kencur mulai dipanen sesudah umur sekitar 7-9 bulan atau disesuaikan dengan kondisi tanaman dan kebutuhannya.

Kencur biasanya dipanen rimpang atau anakan mudanya, karena anakan muda juga bisa dimanfaatkan untuk lalapan yang sangat lezat harum dan nikmat.

Cara memanen kencur sendiri tidak begitu sulit, yaitu dengan cara mencabut tanaman kencur atau menggunakan pisau untuk mencongkel tunas muda yang dipanen lebih awal untuk lalapan.

Kemudian hasil panennya dibersihkan dari tanah atau media tanam dan kotoran lainnya, sehingga hasil panen kencur bersih dan siap untuk diolah atau digunakan sesuai dengan kebutuhannya.

Related News