• 27 April 2024

Menikmati Alam di Kampung 99 Pepohonan

Dalam kehidupan itu semua ada unsur nya, baik edukasi dan juga ekonomi di mana kedua unsur tersebut sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan.”

DEPOK - Di Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, ada kampung yang memiliki nama cukup unik. Namanya Kampung 99 Pepohonan, tapi apa di kampung tersebut memiliki jumlah pohon berjumlah 99? Ternyata tidak, arti angka 99 ternyata memiliki filosofi tersendiri. Nia Rahma, sang pengelola Kampung 99 Pepohonan menyatakan jika angka 99 memiliki arti tersendiri.

“Angka yang paling tertinggi, jadi siapa pun yang berada di kampung 99 ini punya kesetaraan, baik anak-anak maupun orang dewasa yang diharapkan mempunyai nilai yang sama dan tidak dibeda-bedakan,” katanya saat ditemui JagadTani.id belum lama ini.

Kampung 99 Pepohonan sendiri didirikan 13 tahun yang lalu oleh Edi Jamaludin. Berdirinya kampung tersebut karena para penghuni kampung memiliki keinginan yang sama, yaitu ingin hidup sejahtera serta mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Karena itu, para penghuni Kampung 99 Pepohonan juga sepakat untuk membangun tempat ini demi kesejahteraan bersama.

“Dalam kehidupan itu semua ada unsur nya, baik edukasi dan juga ekonomi di mana kedua unsur tersebut sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan,” kata Nia.

Maka dari itu, di kampung ini para pengunjung bisa mendapatkan kedua unsur tersebut. Karena menurutnya, para pengunjung bisa belajar sambil bersantai dengan menikmati fasilitas yang ada.

Di kampung tersebut, para pengunjung dapat menikmati buah-buahan hasil perkebunan. Selain itu, di situ juga terdapat hewan-hewan ternak seperti sapi yang tidak hanya dipelihara, tapi juga diolah dan hasilnya dimanfaatkan oleh warga kampung. Seperti daging sapi yang diolah lalu dimasak dan disajikan sebagai menu makanan bagi para tamu yang datang ke Kampung 99 Pepohonan. Selain daging, susu sapi juga diolah menjadi yogurt, lalu dikemas dan dijual.

Selain menikmati hasil olahan peternakan sapi, para pengunjung juga dapat belajar untuk memeras susu sapi secara langsung yang nantinya juga dijadikan olahan susu kemasan. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati carade atau teh arab, hingga susu kambing dengan rasa jahe yang lezat dan memiliki khasiat untuk kesehatan. Selain itu, kita juga diperkenankan untuk bersedekah sebesar Rp25.000 untuk penanaman satu pohon di Kampung 99 Pepohonan ini.

 

Related News