• 29 September 2021

Sulap Gurame Jadi Modal Nikah

SHARE SOSMED

"pencapaian yang paling besar itu saya bisa menikah dari gurame"

Bogor – Gurame bagi sebagian orang adalah ikan konsumsi biasa, namun jika sudah ditangan Fahrul, gurame bisa dirubah menjadi modal untuk meminang seseorang yang dicintai Peternak gurame yang tinggal di desa Citayam, Tajur halang, Bogor ini memulai usaha ternaknya sejak 2014.

Baca JugaBudidaya Gurame Ala Petani Millenial

“awalnya kenapa saya memutuskan untuk terjun ke dunia air ini karena rasa bosan kerja di kantoran yang gitu-gitu aja, akhirnya saya diajak sama saudara untuk ikut ke empang, kemudian enggak lama saya langsung resign dari kantor,” Tuturnya saat ditemui Jagadtani.id belum lama ini. Menurutnya, bagi seorang millennial, beternak bukanlah sesuatu yang memalukan.

Karena ternak gurame cukup menjanjikan. Sempat mengalami kerugian hampir 100 juta akibat ditipu pembeli, tidak membuat Fahrul berhenti berusaha. “saya sih awalnya karena suka mancing, nah dari situ belajar dari teman, cara merawat ikan bagaimana sih, selama kurang lebih dua tahun itu saya belajar,” Ujar Pria lulusan Manajemen itu.

Baca JugaLadang Emas Di Kolam Ikan

Di empangnya sendiri, Fahrul lebih fokus kepada produksi telur dan indukan. “disini kita fokusnya ke indukan jadi prorduksi telur, dari mulai perawatan telur, pendederan, pembibitan, pembesaran, jadi memang benar-benar dari nol gurami itu kami ternak,” Jelasnya.

Gurame memang masih menjadi ikan yang banyak dicari orang untuk hidangan favorit keluarga maupun restoran. Itu karena ikan yang dikenal memiliki daging yang sangat lembut ini merupakan salah satu jamuan menu yang lezat dan bergizi, sekalipun bagi orang yang alergi ikan laut. Tak hanya bergizi, ikan gurame juga memiliki nilai bisnis yang baik, sehingga budidaya ikan gurame pun kerap dilakukan di banyak tempat hingga saat ini.

Baca JugaEmas Bermana Ikan Gurame Padang

Fahrul pun tak menyangka, bahwa hasil usaha ternaknya bisa untuk menikahi orang yang ia cintai meskipun harus melewati beberapa tantangan untuk mencepainya. “kalau hasil dari usaha sih Namanya manusia ya enggak punya batasan ya ada yang beli rumah udah Bahagia, beli kendaraan udah bahagia, tapi kalau saya pencapaian yang paling besar itu saya bisa menikah dari gurame, padahal ditahun 2018 itu saya sempat jatuh dan mencoba bangkit lagi karena dari pihak perempuan sudah bertanya-tanya kapan nih mau meminang lalu dua bulan saya berjuang sampai akhirnya bisa meminang dia.” Tutup Fahrul

Baca JugaSeluk Beluk Peternakan Ikan Hias

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App