• 20 September 2021

Mengenal Hewan-Hewan Sahabat Petani

uploads/news/2021/03/mengenal-hewan-hewan-sahabat-petani-5284581b6026980.jpg
SHARE SOSMED

"kita wajib mengenal lebih dekat dengan hewan-hewan yang dekat dengan petani"

Jakarta – Tahukah Sahabat tani? Tidak semua serangga dan hewan pemakan tanaman merugikan petani loh. Bahkan beberapa hewan ada juga yang menguntungkan bahkan bersahabat dengan para petani di sawah. Menurut peneliti dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Prof. Hendra Gunawan, Ph.D, kita wajib mengenal lebih dekat dengan hewan-hewan yang dekat dengan petani.

Jika main ke sawah atau perkebunan, sahabat tani pasti sering menjumpai di kebun, ladang, atau sering berkeliaran di sekitar manusia. Satwa yang berguna atau membantu petani, seperti penyerbukan, penyebaran biji, memangsa hama tanaman, dll. Kira-kira apa saja ya? Berikut Hewan-hewan yang menjadi sahabat petani versi Jagadtani.id.

Baca Juga5 Hewan Penguasa Hutan Indonesia


Ular sawah


Ular sebenarnya membantu para petani dalam mengendalikan populasi tikus sehingga tidak menjadi hama yang merusak padi. Dengan demikian, populasi ular di sawah jangan sampai habis. “ular itu membantu petani untuk memakan tikus, seperti yang kita tahu tikus merupakan mangsa alami dari ular yang terkadang oleh petani dibunuh tanpa alasan yang jelas. Padahal sebenarnya, jenis ular di sawah tidak semua berbahaya, karena belum tertentu berbisa dan menyerang manusia,” Jelas Prof Hendra.


Burung Jalak


Sahabat tani pasti tahu istilah symbiosis mutualisme, dimana dua makhluk hidup yang sama-sama diuntungkan, seperti burung jalak kepada kerbau di sawah. kerbau liar disawah pasti banyak terdapat kutu yang sangat mengganggu kehidupannya. Kemudian kerbau tersebut digembala di lapangan rumput guna membantu petani membajak sawah dan secara tiba-tiba datang burung jalak hinggap di punggung kerbau sambil memakan kutu dari punggung kerbau.


Kelelawar


Sebagai penyerbuk utama dari tanaman buah kelelawar memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian lokal di Indonesia. Aktivitas mamalia nokturnal dapat menentukan apakah produksi buah akan berhasil atau tidak. “kelelawar menyerbukkan beberapa pohon buah, seperti durian contohnya, jadi dia meringankan beban petani juga,” Tambah Prof Hendra. Meskipun ada penyerbuk lainnya, seperti burung dan lebah, tetapi dari semua yang mengunjungi pohon, kelelawar tinggal paling lama, dan paling sedikit merusak bunga yang juga dianggap oleh para peneliti telah memindahkan cukup banyak serbuk sari untuk menghasilkan buah.

Baca JugaSi Mungil Romantis dari Sulawesi


Biawak


Tak disangka, hewan yang banyak dijadikan menu makanan ekstrem ini ternyata menjadi sahabat petani juga loh sahabat tani! Pasalnya, biawak membantu membasmi bangkai-bangkai yang ada di ladang. “biawak ini fungsinya bagi petani adalah untuk membersihkan bangkai-bangkai hewan sehingga tidak menjadi tempat berkembangnya penyakit,” ujar Prof Hendra.

Baca JugaCara Menyelamatkan Badak Sumatera

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App