• 17 September 2021

Cara Praktis Membuat Keju Mozzarella

SHARE SOSMED

Sebenarnya kalau untuk pembuatan keju mozzarella itu jauh lebih mudah yaa dari pada keju lainnya, mudah juga untuk dibuat sendiri di rumah,”

JAKARTA - Mozzarella merupakan jenis keju yang memiliki tekstur kenyal dan meleleh saat terkena suhu panas.

Keju ini cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah.

Rasanya lezat cocok disantap bersamaan dengan pizza, salad dan roti.

Kandungan manfaatnya juga tak kalah banyak seperti keju lainnya.

Dengan mengandung vitamin E, D dan A yang dapat membantu pertumbuhan tulang pada tubuh, perlindungan membran sel serta penyerapan kalsium.

Karena itu, Ahmad Zaki Mahmud (32) pun memanfaatkan susu sapi segar menjadi berbagai macam olahan, salah satunya keju mozarella.

Ia memproduksi keju mozzarella dan juga youghurt di Istana Susu Cibugary yang terletak di Jalan Peternakan Raya, Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Perbadaan Keju Alami dan Olahan

Sebenarnya kalau untuk pembuatan keju mozzarella itu jauh lebih mudah yaa dari pada keju lainnya, mudah juga untuk dibuat sendiri di rumah,” ucap Zaki kepada Jagadtani.id, belum lama ini.

Zaki pun memberikan tips untuk membuat keju mozzarella agar lebih praktis dan tidak memakan waktu yang lama. Berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Hal pertama yang harus Sahabat Tani siapkan yaitu bahan-bahannya seperti: 1 liter susu segar setelah perah, 0.5 ml rennet cair, 10 gram asam sitrat (bisa berupa jeruk nipis atau bubuk asam sitrat), dan garam secukupnya

Cara pembuatannya

Pertama, siapkan susu fresh lalu larutkan 10 gram asam sitrat dengan 1/4 gelas air. Kemudian campurkan dengan susu aduk hingga merata dan diamkam selama 5 menit.

Larutkan 0.5 ml rennet dengan 1/4 gelas air. Lalu campurkan kedalam susu. Proses penggumpalan akan terjadi pada tahap ini. Tunggu selama 10 menit hingga susu menggumpal.

Potong-potong susu yg telah menggumpal, gunakan saringan untuk memisahkan gumpalan susu tersebut dengan air dadihnya.

Setelah disaring campurkan garam secukupnya pada adonan keju. Kemudian dipanaskan. Nanti adonan keju akan lembut dengan sendirinya serta kenyal dan kalis.

Setelah lembut dan kalis berarti keju sudah jadi dan pindahkan ke wadah yang kering. Diamkan Sampai adonan dingin. Siapkan wadah sesuai bentuk keju mozzarella yang diinginkan.

Simpan dalam wadah yang kedap udara dan didinginkan selama seminggu di dalam kulkas. Setelah itu keju mozzarella pun sudah jadi dan siap untuk dikonsumsi. Zaki menjual keju mozzarella per 250 gram dengan harga Rp.45.000.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App