• 16 April 2021

Alasan Mengapa Katak Pacman Bersuara

SHARE SOSMED

"Alasan katak pacman jantan yang mengeluarkan suara guna menarik perhatian sang betina"


Jakarta - Jika Sahabat Tani mengikuti tulisan Jagadtani.id sebelumnya, pasti sudah tahu apa itu katak Pacman (cranwell frog), lalu cara membedakan jenis kelamin antara betina dan jantan pada katak pacman (cranwell frog) dimulai dari ukuran tubuhnya, dan usia katak pacman serta gejala yang mulai terlihat jelas pada katak pacman jantan dan betina.

Namun apakah sahabat tani tahu? Katak mana yang mengekuarkan suara? Apakah jantan atau betina?

Baca Juga: Mengenal Berbagai Penyakit Katak Pacman

Bagi sahabat tani yang belum mengetahuinya, Setiawan surya pemilik Wild Genetics akan menjelaskan kapan dan mengapa katak mengeluarkan suara.

Setiawan, mengatakan bahwasannya setiap katak pacman yang bersuara itu pasti katak pacman jantan.

Menurutnya, Alasan katak pacman jantan yang mengeluarkan suara guna menarik perhatian sang betina. Jika seekor katak pacman jantan sudah mulai mengeluarkan suaranya maka itu pertanda akan ada perkawinan antara katak pacman jantan dan katak pacman betina. karena pada saat katak pacman mulai bersuara itu berarti katak pacman sudah mulai mencoba untuk menarik perhatian katak pacman betina untuk kawin.

Baca Juga: Membedakan Jenis Kelamin Katak Pacman

Namum perkawinan katak pacman ini bisa di bilang sedikit unik, mengapa demikian?

Walaupun saat katak pacman jantan mengeluarkan suaranya sebagai tanda atau sinyal untuk menarik perhatian katak pacman betina untuk kawin, belum tentu katak pacman betina tertarik lalu mau menerima ajakan katak pacman jantan yang sedang bersuara untuk kawin mengapa demikian?

“Mereka ini unik, kenapa saya bilang unik ?. karena mereka pemilih, jadi jantan akan milih betina betina akan milih jantan, jadi seperti orang juga dia kalo jantanneya kurang ganteng mungkin betinaya enggak mau gitu atau kebalikannya Ya jadi seperti itu sangat pemilih,” Ujar Setiawan saat ditemui di rumahnya sekitar Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta.
Setiawan mengatakan, Katak pacman memiliki sifat yang hampir sama dengan manusia yaitu sifat selektif atau yang biasa disebut sifat pemilih. jadi jika katak pacman yang sedang bersuara itu ‘kurang tampan’ di pandangan si betina maka katak pacman betina akan menolak ajakan katak pacman jantan untuk kawin, begitu pula sebaliknya.

Baca Juga: Memelihara Katak Hias Eksotis Pacman

“jadi ketika jantannya mau sama betina mungkin mereka sudah amplexus tapi betinanya tidak mau. Betina tidak akan buang telur, akan terus ditahan telurnya sama dia” Tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App