• 19 April 2024

Jenis Aglaonema Berkasta Mahal

"tanaman lokal lebih bagus kualitasnya dibanding impor. Dari harga pun tanaman lokal lebih ternyata mahal"

Jakarta - Bisnis tanaman hias kini semakin hari semakin banyak peminatnya. Pasalnya pada situasi pandemi seperti ini, masyarakat Indonesia banyak yang menyukai tanaman hias untuk mempercantik rumah atau ruangan. Salah satu tanaman hias yang paling banyak diburu adalah aglaonema. Itu karena, aglaonema memiliki corak daun dan warna yang beragam serta cantik dipandang.

Kisaran harga yang dipatok pada tanaman ini pun beragam. Mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta.

Faisal, salah satu pemilik Amelia Garden yang berada di Pondok Kacang Timur, Tangerang selatan. Bercerita terkait pengalamannya selama menjadi penjual tanaman hias terutama aglaonema. Hanya bermodal beberapa tanaman saja, pria lulusan penyiaran ini bertekad meneruskan usaha orang tuanya. Ia menggeluti bisnis tanaman ini hias sejak 2020 hingga saat ini Faisal masih terus mendapat keuntungan berlimpah.

Baca Juga: Aglaonema, 'Tanaman Sultan' Asli Indonesia

Faisal mengatakan tanaman lokal lebih bagus kualitasnya dibanding impor. Dari harga pun tanaman lokal ternyata lebih mahal.

Sebenernya memang bagusan lokal punya. Bedanya dari kualitas, dia lebih kuat dari segala cuaca. Beda kalau impor, kalo impor takutnya cepat mati karena mungkin perbedaan suhu, ditambah mereka juga pakai obat jadi sistem nya tumbuh cepat. Dari segi harga juga lebih mahal lokal daripada impor,” Pungkasnya saat ditemui Jagadtani.id belum lama ini.

Faisal juga menjelaskan beberapa jenis aglaonema miliknya yang mempunyai kualitas bagus, daun cantik, dan harga yang terjangkau.

Baca Juga: Menata Tanaman Hias Di Rumah


Aglaonema Goliath
Goliath merupakan aglaonema berkasta mahal. Harga per pot aglaonema ini mencapai jutaan rupiah. Amelia garden menjual aglaonema ini berkisar Rp.5.000.000 tergantung ukuran, semakin besar pohonnya semakin mahal pula harganya. Ciri dari Aglaonema Hybrid yang berasal dari Thailand ini, memiliki daun yang besar berbentuk oval dan lebar. Daunnya juga dibatasi oleh tulang daun berwarna merah.

 

Aglaonema Khanza
Khanza merupakan jenis tanaman baru. Ia juga masih termasuk kedalam tanaman berkasta mahal. Banyak masyarakat yang menyukai aglaonema ini karena tulang daun dan tepi daunnya berwarna pink. Kisaran harga pada aglonema ini Rp.2000.000 – Rp.3000.000. Harga ini terbilang turun, karena pada awal masa pandemi covid 19 harga dari aglaonema ini bisa mencapi Rp.7000.000.

Baca Juga: Asal Usul Si Janda Bolong

Aglaonema Wulandari
Wulandari juga jenis aglaonema yang masih populer hingga saat ini. Aglaonema ini juga berasal dari Thailand. Ciri dari aglaonema ini memiliki daun yang berbentuk oval dan bulat. Warnanya yang juga khas merah, hijau, dan kuning. Kisaran harga pada aglonema ini Rp.800.000 -1.000.000.

Related News