• 20 April 2024

Pesona Vanda Douglas, Ikon Tangsel

Salah satu daerah di Indonesia yang menggaungkan pembudidayaan bunga anggrek adalah kota Tangerang Selatan dan menjadikan anggrek Vanda Douglas sebagai ikon kota ini.

JAKARTA – Bunga anggrek yang tumbuh di daerah beriklim tropis, menjadi salah satu tanaman hias yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Berbagai jenis anggrek tumbuh cantik di berbagai penjuru tanah air dan di Indonesia sendiri diperkirakan terdapat kurang lebih 5.000 jenis anggrek dengan ciri khas serta keunikannya masing-masing.

Bunga anggrek yang masuk dalam keluarga orchidaceae ini memiliki keindahan warna dan bentuk yang sangat menarik banyak orang khususnya bagi kaum wanita.

Bunga ini sering dijadikan sebagai hiasan rumah, hiasan tata ruang pernikahan, bucket bunga, dan masih banyak lagi.

Dengan semakin banyaknya peminat bunga anggrek, peluang bisnis dan target pasarnya pun semakin terbuka lebar. Sehingga, banyak petani anggrek yang bermunculan di tanah air.

Salah satu daerah di Indonesia yang menggaungkan pembudidayaan bunga anggrek adalah kota Tangerang Selatan dan menjadikan anggrek Vanda Douglas sebagai ikon kota ini.

Anggrek Vanda Douglas kini menjadi salah satu varietas anggrek yang paling banyak dikembangkan di kota Tangerang Selatan.

Pesona warna ungunya yang dominan menjadikan anggrek jenis ini banyak di minati pasar dan semakin banyak petani Tangerang Selatan yang menikmati hasil panennya.

Baca juga: Semerbak Bisnis Budidaya Anggrek Tanah

Selain itu, anggrek Vanda Douglas atau yang bisa juga disebut sebagai anggrek tanah ini, sangat mudah untuk dibudidayakan dan sangat mudah dalam praktek perawatannya.

Menurut Sidik, salah satu petani anggrek di Tangerang Selatan yang sudah membudidayakan anggrek selama kurang lebih 20 tahun, ia melihat jika sejak 20 tahun yang lalu, budidaya anggrek akan membawa keberkahan bagi para pembudidayanya.

“Ikonnya dari Kota Tangerang Selatan ini memang anggrek Vanda Douglas. Dulu saya memilih budidaya jenis ini karena di tahun 2000-an itu, jenis anggrek Vanda Douglas sudah banyak dicari, dan saya melihat kedepannya prospek bisnis ini akan berkembang terus, akan banyak peminatnya,” Kata Sidik saat ditemui oleh tim Jagadtani.id di kebunnya yang berlokasi di Jalan Kampung Nomor 33, RT 02/ RW 09 Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, baru-baru ini.

Keunggulan Anggek Vanda douglas selain memiliki warna bunga yang menarik, harga yang tidak terlalu mahal dan ukuran bunganya yang besar, jenis ini tidak memerlukan cukup banyak air untuk tumbuh.

Tanaman anggrek Vanda douglas lebih menyukai paparan cahaya matahari secara langsung tanpa perlu adanya peneduh diatasnya.

“Kalau dia tumbuh dibawah pohon peneduh atau ada tambahan peneduh, justru tidak akan tumbuh maksimal. Harus lapang, dan terbuka lebar seperti ini, agar bisa terkena sinar matahari secara langsung,” jelas Sidik.

Perawatan anggrek Vanda Douglas lainnya misalnya seperti pemberian pupuk, Sidik mengaku tidaklah sulit.

Kata Sidik, biasanya ia memberikan pupuk dengan menggunakan kotoran ayam pedaging dan pupuk toko sebagai tambahan.

“Merawat anggrek itu intinya harus sabar, berlaku untuk semua jenis tanaman tidak hanya anggrek. Kalau sabar, telaten, hasil bunganya juga pasti memuaskan,” tutupnya.

Related News