• 28 March 2024

Mengatasi Rasa Takut pada Ular

Wajar kalau banyak orang yang takut akan ular. Karena memang sudah ada pandangan sejak lama, kalau ular itu hewan liar yang berbahaya.”

JAKARTA - Rasa takut merupakan hal alami yang bisa dirasakan oleh semua manusia.

Pandangan paling sederhana dan dianggap benar oleh banyak orang yaitu kita punya rasa takut tersendiri di dalam diri kita.

Sejak dahulu, otak manusia terus berpikir untuk dapat bertahan hidup.

Salah satu bentuk pertahanan tersebut adalah membentuk rasa takut terhadap hal-hal yang mengancam kehidupan manusia baik itu terhadap hewan atau segala hal yang tampak berbahaya.

Baca juga: Menangani Kemunculan Ular Saat Banjir

Begitupun juga dengan orang-orang yang takut akan ular.

Takut pada hewan reptil yang satu ini memang sangatlah wajar, sebab sebagian ular berbahaya dan bisa mematikan.

Sehingga, di dalam diri kita tumbuh rasa takut sebagai bentuk pertahanan akan keselamatan diri.

Wajar kalau banyak orang yang takut akan ular. Karena memang sudah ada pandangan sejak lama, kalau ular itu hewan liar yang berbahaya,” kata Budi Setiawan, salah satu peternak ular saat ditemui oleh tim Jagadtani.id di Jalan Mahakam Raya, Perumahan Palem Ganda Asri 3, Kelurahan Karang Timur, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Provinsi Banten, belum lama ini.

Rasa takut akan ular juga bisa timbul akibat pengalaman negatif dengan ular yang menimbulkan trauma hingga bertahun-tahun, baik terjadi pada saat masih kecil maupun manusia dewasa.

Pengalaman negatif tersebut bisa seperti digigit ular atau berhadapan dengan peristiwa buruk yang berhubungan dengan ular.

Banyak yang karena pernah di gigit atau pernah kejadian di lilit, akhirnya jadi nggak suka dengan ular, kemudian jadi takut bahkan trauma. Itu kalau yang udah parahnya ya,” jelas bapak tujuh anak tersebut.

Menurutnya, hal-hal lain yang bisa menyebabkan seseorang merasa takut akan ular karena gambaran negatif dari cerita seseorang atau bisa juga ditunjukan dari gambar di sosial media maupun internet.

Rasa takut ini bisa menular dari orang lain.

Ketika seseorang mendengar pengalaman buruk tentang ular dari orang lain, timbul perasaan waspada dari orang yang yang mendengarkan sehingga akan mengalami ketakutan yang sama.

Rasa takut ini muncul untuk menghindari terjadinya pengalaman buruk yang sama bagi si pendengar.

Yang parahnya sih kalau ternyata sampai ke tahap fobia, itu sih yang perlu perhatian khusus,” tambah Budi.

Untungnya, ada sejumlah cara yang bisa Sahabat Tani lakukan untuk mengatasi rasa takut pada ular.

Pertama, kenali dulu jenis ular yang kalian temui. Kalau misalnya jenis ular seperti yang saya ternak ini, jenis piton, dia tidak berbisa. Jadi dia tidak berisiko tinggi seperti berhadapan dengan kobra,” ungkap Budi.

Baca juga: Mengintip Fakta Menarik Kadal Naga

Lebih lanjut Budi mengatakan, ubah juga sudut pandang ketika berhadapan dengan ular.

Sudut pandang yang berani dan dengan maksud tujuan yang baik, tidak akan membahayakan diri kita dari lilitan maupun gigitan ular.

Jangan takut, ular ini akan berlaku baik kalau kita juga tidak menyakiti dia. Dia mengerti kalau kita memperlakukannya dengan baik, dia juga nggak akan melilit atau bahkan menggigit,” kata pria berusia 35 tahun ini.

Kalau sudah sampai tahap fobia, sebaiknya datang ke psikolog atau psikiater, bahkan ada yang sampai trauma berat hanya dengan melihat gambarnya saja,” tutupnya.

Related News