• 29 March 2024

Berkunjung ke Rumah Tunnel Garam

uploads/news/2021/02/berkunjung-ke-rumah-tunnel-687403436859af4.jpeg

Tempat tunnel juga bagus buat swafoto (selfie). Jadi, kalau ke Kebumen atau pantai selatan, mampir di tunnel garam Tlogopragoto . Ini jadi pilihan lain.”

JAKARTA - Di Desa Tlogopragoto, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, terdapat rumah tunnel garam yang merupakan tempat produksi

Rumah tunnel garam yang merupakan program pengembangan usaha garam rakyat (Pugar) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini digunakan untuk meningkatkan volume produksi, kualitas, dan penyimpanan garam.

Tak hanya menjadi tempat produksi garam, tunnel garam di Desa Tlogopragoto juga dapat menjadi obyek wisata baru di Kebumen dan pantai selatan.

Tempat tunnel juga bagus buat swafoto (selfie). Jadi, kalau ke Kebumen atau pantai selatan, mampir di tunnel garam Tlogopragoto . Ini jadi pilihan lain,” ujar Direktur Jasa Kelautan, Miftahul Huda di Jakarta.

Baca juga: Fungsi Garam bagi Ternak Ruminansia

Ditambah, lokasinya pun cukup strategis, karena berada di pinggir jalan dan hanya berjarak 30 menit dari bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA).

Menurutnya, di rumah tunnel garam, belajar mengenai garam sekaligus menikmati cara membuat garam di pantai selatan akan menjadi pengalaman baru bagi para turis.

Tunnel garam ini tentunya diharapkan dapat membawa kemajuan bagi kelompok masyarakat garam di Kebumen, dan memicu pengembangan ekonomi di pantai selatan,” tandasnya.

Rumah tunnel garam sendiri merupakan salah satu metode produksi garam, yang memanfaatkan teknologi rumah kaca kristalisasi garam.

Penerapan metode ini memungkinkan produksi garam dilakukan sepanjang tahun, termasuk dalam musim penghujan.

Baca juga: Manfaat Garam Krosok untuk Ikan

Produksi garam dilakukan dengan memanfaatkan lahan yang ada dan menambahkan wadah tampungan dengan bantuan geoisolator dan penutup yang dirangkai seperti lorong/terowongan atau disebut dengan tunnel.

Pada 2020, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL), KKP, melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) padat karya, telah membangun 40 unit tunnel di Desa Tlogopragoto, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen.

40 tunnel ini yang akan dijadikan meja garam oleh kelompok berjumlah 6 tunnel. Pengalaman yang sudah ada setiap tunnel meja garam dalam waktu 15 hari (bahkan di musim hujan) dapat dipanen 3,5 ton garam, seperti di foto,” terangnya.

Selain di Kebumen, KKP juga telah memberikan bantuan rumah tunnel garam di Pidie Jaya, Cilacap, Gunungkidul, dan Tuban,” tutupnya.

Related News