• 30 Maret 2020

Cara Mudah Ternak Kambing Etawa

uploads/news/2019/10/cara-mudah-ternak-kambing-5762223c7f0ef5e.jpg
SHARE SOSMED

Ternak kambing etawa bisa dibilang cukup mudah dan tidak memerlukan waktu lama untuk dipanen.

BOGOR - Bagi petani yang ingin berbisnis ternak, beternak kambing peternakan etawa (PE) sangat berpeluang besar untuk mendapatkan keuntungan. Ini karena caranya perawatannya yang mudah, juga tidak terlalu memerlukan waktu lama untuk dipanen.

Kabid Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) Dinas Pertanian Kota Bogor, Dian Herdiawan mengatakan, dari hasil uji coba ternak kambing etawa memang jauh menguntungkan dibanding jenis kambing atau domba biasa pada umumnya. Pengalaman itu didapat saat ia mencoba di kandang percontohan. Dirinya mengambil saat lepas sapih atau bakalan diusia sekitar lima bulan dan dirawat untuk penggemukan sekitar tiga hingga lima bulan.

"Diusia sekitar usia 10 - 12 bulan sudah bisa diperas dan menghasilkan," katanya.

Untuk mengejar harga pokok produksi (HPP) untuk menunjang pertumbuhan dan kesuburannya, pakan kambing diberi konsentrat. Menurut Dian, jika hanya diberi pakan tumbuhan akan lama dan kurang subur. Selain itu, untuk komposisi konsentrat, cukup beri rumput atau penghijauan sekitar 30% dan konsentrat 70%. Seperti penghijauan yang ditambah dedak kemudian dicampur vitamin dan mineral.

"Komposisi konsentrat misalnya dedek 1 kilogram, penghijauan 10 kilogram atau pakai emolase ampas tebu. Untuk menambah kandungan lebih bisa dipermentasi pakai ragi," jelas dia.

Atau bisa juga pakai jenis lain, misalnya bungkil atau ampas kelapa yang ditambah gula merah. Sedangkan fermentasi yang paling bagus untuk penghijauannya, diberi rumput jenis odot indigofera atau rumput gajah. (FD)

 

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App