• 25 April 2024

Bantuan untuk Kucing Korban Gempa

Ratusan kilogram pakan kucing yang terkumpul ini berasal dari cat lovers di seluruh Sulawesi Tengah.

MAMUJU - Bencana gempa bumi yang memporakporandakan sebagian wilayah Kabupaten Mamuju dan Majene, Provinsi Sulawesi Barat, awal tahun ini memberi dampak yang cukup besar.

Bukan hanya pada kehidupan masyarakat, namun gempa berkekuatan 6,2 Magnitudo itu juga memberikan dampak terhadap ratusan hewan yang hidup di lokasi bencana.

Pasca bencana, banyak hewan peliharaan ditinggal tuannya untuk mengungsi atau bahkan mati tertimpa bangunan.

Baca juga: Cara Merawat Kucing bagi Pemula

Akibatnya, binatang peliharaan yang hidup terlantar, bahkan tak makan sampai berhari-hari.

Sementara itu, bantuan yang didistribusikan ke wilayah bencana tersebut hanya diperuntukkan bagi kelangsungan hidup manusia.

Melihat kondisi itu, komunitas pecinta kucing, Cat Lover Sulawesi Tengah, berinisiatif memberi fasilitas khusus untuk kucing yang terdampak bencana.

"Alhamdulillah, baru saja kami menyalurkan bantuan untuk ratusan kucing yang terdampak bencana di Kabupaten Mamuju," kata Ketua Cat Lovers Sulteng, Abdee Mari, melalui sambungan telepon belum lama ini.

Jumlah pakan yang didistribusikan untuk membantu ratusan kucing terdampak bencana ini pun tidak sedikit, setidaknya Cat Lovers Sulteng menyiapkan sekitar 700 kilogram pakan kucing yang didistribusikan secara bertahap.

"Ratusan kilogram pakan kucing yang terkumpul ini berasal dari cat lovers di seluruh Sulawesi Tengah. Karena memang sehari setelah bencana melanda Mamuju dan Majene, kami langsung serentak mengumpulkan donasi di komunitas kami," ungkapnya.

Untuk tahap pertama, Abdee bersama kawan-kawannya baru menyediakan sebanyak 300 kilogram makanan kucing.

Makanan kucing Itu sudah langsung didistribusikan ke posko kesehatan hewan yang  telah mereka bentuk bersama dengan tim medis bernama Cat Disaster Relief di Jalan R.E. Martadinata, Kabupaten Mamuju.

Baca juga: Cara Merawat Kucing bagi Pemula

Tidak menunggu lama, posko kesehatan hewan tersebut langsung diserbu pecinta kucing di Mamuju yang sejak seminggu lalu tidak mendapatkan makanan hewan peliharaannya karena tutupnya toko-toko hewan.

Selain menyalurkan bantuan makanan, Cat Lovers Sulawesi Tengah juga ikut membantu tim medis di posko kesehatan hewan dengan membantu beberapa kucing yang terluka, serta cedera akibat tertimpa bangunan.

Mereka juga ikut membantu membersihkan kucing-kucing yang sakit, selain memberikan bantuan makanan, Cat Lovers Sulteng juga memberikan obat-obatan untuk perawatan medis bagi kucing.

"Kami berencana akan kembali lagi ke Mamuju untuk membawa sekitar 400 kilogram makanan kucing dan anjing yang masih tersisa di sekretariat, Jl. Slamet Riyadi, Kota Palu, untuk didistribusikan seluruhnya ke Mamuju," pungkasnya.

Related News