• 26 April 2024

Si Cantik Adenium Cabang Seribu

"Kalau adenium cabang seribu ciri-cirinya itu bonggolnya berukuran besar, serta cabangnya berukuran kecil dan banyak. Makanya dinamakan dengan cabang seribu."

JAKARTA -  Adenium cabang seribu atau adenium cabser, merupakan jenis Adenium obesum yang paling banyak dicari dan diminati oleh ademania (sebutan pecinta tanaman adenium) karena bentuknya yang unik.

Adenium cabang seribu merupakan persilangan antara Arabicum rachinee dengan Obesum dan memiliki banyak cabang produktif yang menghasilkan ranting.

Adenium cabang seribu sendiri memiliki cabang yang langsing dan membentuk pola rosette dengan daun yang mungil.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Kamboja Jepang

"Kalau adenium cabang seribu ciri-cirinya itu bonggolnya berukuran besar, serta cabangnya berukuran kecil dan banyak. Makanya dinamakan dengan cabang seribu," ujar Asep, salah satu petani kamboja jepang asal Kampung Sembung, RT. 09/RW. 06, Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Menurutnya, benih dari adenium cabang seribu biasanya hanya diperoleh dari Thailand.

Selain itu, benihnya tergolong langka karena dari 1.000 benih yang disemai biasanya hanya 0,2% yang menjadi cabang seribu.

"Sebenarnya buat menanam tanaman ini susah-susah gampang. Kalau untuk pertama pasti susah, kesananya pasti mudah. Bahkan, di Indonesia sendiri juga sudah banyak yang membuat bibit tanaman ini," ungkapnya.

Asep juga menjelaskan, untuk kisaran harga dari tanaman ini pun berbeda-beda, terbagi menjadi tiga bagian yaitu A,B, dan C.

"Kalau A, biasanya harganya itu Rp 20.000 - 30.000 dengan ukuran bonggolnya 2 - 3 centimeter. Yang B itu Rp 50.000 - 80.000 dengan ukuran 5 - 8 centimeter dan C bisa ratusan ribu rupiah dengan ukuran 8 centimeter ke atas," jelasnya.

Baca juga: Fakta Menarik dari Kamboja Jepang

Selain itu, tanaman ini juga termasuk salah satu tanaman hias yang sangat cocok jika dijadikan sebagai bonsai.

Hal ini karena, tanaman ini mampu menghasilkan bunga dengan bentuk kelopak tunggal dan berwarna soft pink atau merah pudar hingga pink dengan pusatnya berwarna putih.

Adenium ini juga mampu beradaptasi dengan baik dan dapat tumbuh di segala tempat, baik dataran tinggi ataupun rendah.

"Tanaman ini juga termasuk salah satu yang pertumbuhannya cepat dan siap jual di usia lima sampai enam bulan," tutupnya. 

Related News